Jika kamu mempunyai usaha online shop, kamu bisa meningkatkan traffic toko dengan cara mempromosikannya di TikTok. Pastikan kamu mengetahui cara menambahkan link di bio TikTok supaya followers atau pengguna lainnya dapat mengunjungi tokomu dengan sekali klik.
Yuk, merapat dan simak artikel di bawah ini supaya kamu bisa segera mengeksekusinya!
Perhatikan Cara Menambahkan Link di Bio TikTok Berikut!
Tidak semua pemilik akun TikTok bisa menambahkan link (tautan) di bio karena ada persyaratan yang dipenuhi. Persyaratan tersebut yaitu akun harus mempunyai followers berjumlah 1.000, atau menggunakan akun TikTok bisnis. Ikuti panduan menambahkan bio di TikTok berikut ini.
1. Akun TikTok Punya Minimal 1.000 Followers
Jika akun TikTok yang kamu kelola sudah mempunyai lebih dari 1.000 followers, maka cara menambahkan tautan di bio cukup mudah. Cek langkah-langkahnya di bawah ini.
Langkah 1 Cara Menambahkan Link di Bio TikTok
- Silakan buka smartphone dan masuk ke aplikasi TikTok.
- Lanjutkan memilih menu “Profil” yang berada di bagian kanan bawah layar.
Langkah 2 Cara Menambahkan Link di Bio TikTok
- Temukan menu “Edit Profil”.
Langkah 3 Cara Menambahkan Link di Bio TikTok
- Untuk memasukkan link yang nantinya akan tampil di bio, ketuk menu “Situs Web”.
- Silakan ketikkan link online shop yang ingin kamu masukkan.
Langkah 4 Cara Menambahkan Link di Bio TikTok
- Akhiri proses dengan mengetuk “Simpan”.
Langkah 5 Cara Menambahkan Link di Bio TikTok
- Kamu bisa kembali ke profil akun TikTokmu untuk melihat apakah link atau tautan tersebut berhasil muncul. Jika sudah terlihat link di bio, maka bisa klik supaya langsung dialihkan ke halaman olshop.
Nah, jika kamu mengalami kasus halaman tidak ditemukan, kemungkinan kamu salah dalam mengetikkan link.
2. Menggunakan Akun Bisnis
Kamu tidak bisa menambahkan link di bio jika jumlah followers-mu masih kurang dari 1.000. Eits! Tapi jangan khawatir, karena kamu bisa mengubah akunmu menjadi akun bisnis. Cara menambahkan link di bio TikTok pada akun bisnis bisa kamu simak di bawah ini.
- Pertama, masuk ke aplikasi TikTok.
- Ketuk opsi “Profil” yang bisa kamu temukan di pojok kanan bawah layar smartphone.
- Perhatikan pojok kanan atas layar lalu, ketik ikon 3 garis.
- Lanjutkan dengan mengetuk menu “Pengaturan dan Privasi”.
- Selanjutnya, akan muncul opsi lagi di layar, pilih “Akun”.
- Untuk mengubah menjadi akun bisnis, maka ketuk opsi “Alihkan ke Akun Bisnis”.
- Silakan kembali ke profil agar kamu dapat mengatur tautan untuk dipasang di bio.
- Setelah itu, ketuk ikon “Profil” dan lanjutkan dengan memilih menu “Edit Profil”.
- Pilih opsi “Nomor Telepon Bisnis”.
- Lanjutkan proses dengan mengetuk “Daftar Sekarang”.
- Sebelum mengetuk tombol “Daftar”, pastikan untuk mencentang tombol bulat terlebih dahulu.
- TikTok akan menyuguhkan menu formulir “Pendaftaran Bisnis”.
- Apabila kamu sudah mengisi semua data untuk formulir tersebut, lanjutkan dengan mengetuk “Berikutnya”.
- TikTok akan menampilkan menu “Unggah Dokumen Keabsahan Bisnis”. Dokumen yang dimaksud adalah foto kartu NPWP.
- Proses ke langkah selanjutnya dengan mengetuk “Berikutnya”.
- TikTok akan mengirimkan SMS yang berisi kode verifikasi. Segera masukkan kode yang kamu terima di kolom yang tersedia.
- Supaya pengajuan segera diproses, ketuk “Kirim”.
- Proses verifikasi biasanya memerlukan waktu 1 x 24 jam.
- Setelah pengajuan akun bisnismu berhasil, maka kamu bisa mengatur link untuk di bio.
- Ketuk “Profil” kemudian, pilih opsi “Edit Profil”.
- Temukan menu “Situs Web”.
- Isikan link online shop dengan benar.
- Akhiri proses ini dengan mengetuk “Simpan”.
Nah, setelah semua proses selesai, kamu bisa memastikan lagi apakah tautan tersebut sudah mengarah pada laman yang kamu maksud. Masuk ke profil akun TikTokmu dan klik link yang ada di bio.
Apa Sih Manfaat Link di Bio TikTok?
Setelah mengetahui cara menambahkan link di bio TikTok, kamu penasaran nggak sih apa saja manfaatnya? Untuk menjawab rasa penasaranmu, yuk cari tahu di bawah ini.
1. Memperluas Jangkauan Pelanggan
Pelanggan merupakan elemen esensial bagi semua lini bisnis karena mereka yang akan membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Makin luas pelanggan yang mampu kamu jangkau, maka peluang untuk meningkatkan penjualan pun akan makin besar pula.
Nah, memasang link di bio akun TikTok ini efektif untuk memperluas jangkauan tersebut. Dengan demikian, tokomu tidak hanya diketahui oleh pengguna marketplace saja, tetapi juga pengguna akun TikTok lainnya.
2. Branding yang Lebih Optimal
Agar banyak yang berkunjung dan belanja di olshop-mu, maka kamu perlu menggaet perhatian pelanggan. Lantas, bagaimana caranya? Kamu perlu menggencarkan strategi branding di banyak platform media sosial.
Dengan begitu, para pengguna media sosial aktif akan sering menemukan olshop yang kamu promosikan. Mereka yang sering melihat olshop-mu di berbagai platform lama-lama akan penasaran dan mengklik tautan tersebut.
Alhasil, strategi ini dapat membuat traffic toko naik dan menumbuhkan awareness atau daya tarik pada pelanggan. Strategi tersebut punya pengaruh yang signifikan pada bisnis. Inilah salah satu alasan mengapa kamu perlu mengetahui dan mempraktikan cara menambahkan link di Bio TikTok.
3. Promosi Lintas Platform
Promosi merupakan ujung tombak semua bisnis sehingga sudah menjadi suatu keharusan. Biasanya, perusahaan besar tidak segan menggelontorkan dana yang sangat besar untuk melakukan kegiatan promosi. Kamu bisa memanfaatkan promosi lintas platform jika ingin menghemat biaya.
Menautkan tautan di bio setiap media sosial yang kamu gunakan merupakan strategi promosi yang efektif dan hemat biaya. Apalagi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya ketika menambahkan link di bio.
Promosi lintas platform ini cocok diterapkan untuk bisnis yang menjual produk atau jasa dengan segmen pelanggan yang beragam. Pasalnya, setiap platform media sosial memiliki segmen pengguna masing-masing.
Namun, aplikasi TikTok mempunyai segmen pengguna yang luas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
4. Meningkatkan Penjualan
Cara menambahkan link di bio TikTok juga bermanfaat untuk meningkatkan penjualan. Sebab, ketika pengguna TikTok lainnya mengunjungi profilmu lalu menekan tautan yang ada di bio, maka secara otomatis mereka akan dialihkan menuju situs web olshop-mu. Mereka yang awalnya hanya penasaran kemudian akan melihat-lihat koleksimu.
Siapapun yang berkunjung ke situs web olshop-mu mempunyai peluang besar untuk membeli jasa atau produk yang kamu jual. Nah,makin banyak pengguna TikTok yang mengakses tautan yang tertera di bio, maka potensi penjualan pun makin meningkat.
5. Media Informasi Bagi Follower
Seringkali, pemilik bisnis olshop atau bisnis lainnya mengadakan giveaway bagi para followers-nya. Kegiatan giveaway memang mendapatkan sambutan meriah karena followers antusias untuk mendapatkan hadiah yang dijanjikan.
Keberadaan link di bio bisa kamu manfaatkan sebagai media informasi sehingga peserta giveaway dapat mengaksesnya. Keharusan mengakses bio ini juga dapat meningkatkan engagement akunmu karena peserta pasti akan membuka profil akun kamu.
6. Dapat Mengarahkan ke Produk Spesifik
Tautan yang tercantum pada bio juga bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk tertentu. Alasannya adalah kamu bisa menautkan link yang mengarahkan ke produk tertentu yang ingin dijual. Calon pembeli pun tidak perlu buang-buang waktu untuk scrolling atau menggulirkan layar untuk mencari-cari sebuah produk.
Tautan yang langsung mengarahkan ke halaman produk ini efektif untuk memengaruhi pelanggan melakukan pembelian.
Siap Mencoba Cara Menambahkan Link di Bio Tiktok?
Jangan menyerah jika followers akun TikTokmu belum mencapai 1.000! Kamu bisa memilih alternatif mengubah akunmu menjadi akun bisnis supaya tetap bisa mencantumkan tautan di bio.
Kedua cara menambahkan link di bio TikTok tersebut memang perlu kamu maksimalkan. Selain karena bersifat gratis, rupanya dampaknya cukup signifikan untuk performa bisnis kamu, lo.