Cara Mengetahui Penghasilan TikTok Sendiri dan Orang Lain

Cara Mengetahui Penghasilan TikTok Sendiri dan Orang Lain

Sebagai salah satu media sosial yang banyak dipakai di dunia, TikTok bukan hanya sekadar sarana pengembangan kreativitas pembuatan konten saja. Namun platform ini juga bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Bahkan cara mengetahui penghasilan TikTok juga cukup mudah.

TikTok memungkinkan pengguna untuk mengecek penghasilannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menariknya. Penghasilan-penghasilan itu bisa didapat dari berbagai hal. Mulai dari berjualan, affiliate, hadiah, hingga pembuatan konten.

Cara Mengetahui Penghasilan TikTok Sendiri dan Orang Lain

Beberapa cara untuk melihat penghasilan TikTok di bawah ini, bisa digunakan untuk mengetahui penghasilan sendiri atau orang lain. Dengan begitu, kamu bisa mengkalkulasi pendapatan untuk merencanakan penghasilan selanjutnya. Berikut cara mengetahui penghasilan TikTok .

1. Melalui TikTok Shop

TikTok Shop merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh developer bagi seller, brand, maupun creator untuk bisa memasarkan dan mempromosikan produk mereka. Pemasaran itu bisa dilakukan melalui berbagai cara. Mulai dari live streaming, unggah di etalase, hingga video in-feed.

Jadi, setiap pengguna yang pernah melakukan aktivitas tersebut, bisa melihat jumlah pendapatan yang mereka hasilkan. Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu terkoneksi dengan internet saja untuk bisa membukanya. Berikut cara cek penghasilan TikTok melalui TikTok Shop smartphone.

  • Buka aplikasi TikTok
  • Login
  • Buka menu ‘keuangan’ di halaman utama
Buka menu ‘keuangan’ di halaman utama
  • Penghasilan kamu tertera di sana

Selain dicek melalui smartphone, pengguna juga bisa melihat penghasilan yang didapatkan melalui laptop atau komputer dengan membuka situs TikTok Shop Seller Center. Caranya tidak berbeda jauh, tetapi dengan layar yang lebih besar, memberikan kamu lebih banyak keleluasaan.

  • Buka https://seller-id.tiktok.com/
  • Login
  • Buka menu ‘keuangan
Buka menu ‘keuangan’ di halaman utama
  • Klik ‘tagihan
  • Penghasilan kamu tertera di sana

2. Melalui TikTok Creator Fund

Cara mengetahui penghasilan TikTok lainnya adalah melalui Creator Fund. Sebuah istilah untuk para influencer yang tergabung di bawah naungan TikTok. Selain seller, para influencer juga bisa melihat penghasilannya melalui TikTok Creator Fund.

Sama seperti TikTok Shop, developer TikTok juga memberikan kemudahan untuk para pengguna untuk mengakses TikTok Creator Fund, sehingga fitur ini bisa diakses dari ponsel Android maupun iPhone. Berikut cara melihat penghasilan TikTok melalui TikTok Creator Fund di smartphone.

  • Buka aplikasi TikTok
  • Login dengan akun TikTok Creator Fund
  • Buka ‘profil
  • Klik ikon garis tiga di pojok kiri atas
  • Buka ‘creator tools
  • Klik ‘creator fund
Klik ‘creator fund’
  • Penghasilan kamu tertera di sana

Cara Mendapatkan Penghasilan dari TikTok

Sudah install aplikasi TikTok, sudah bikin konten, tapi belum pernah mendapat penghasilan? Yuk, mulai sekarang. Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan penghasilan dari TikTok sama seperti yang lainnya.

Ketika memulainya, mungkin hal itu bakal terasa berat untuk kamu. Namun apabila dilakukan secara terus menerus dan konsisten, usahamu tidak akan terasa. Bahkan kebahagiaanmu akan bertambah Ketika mengetahui jumlah pendapatannya dan menjadi ketagihan.

1. Mengikuti Program TikTok Affiliate

Mengikuti Program TikTok Affiliate

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapat penghasilan dari Tiktok memang diwujudkan dengan menjual barang melalui TikTok Shop. Namun bagi pengguna yang tidak ingin berjualan, ada opsi lainnya. Seperti halnya bergabung ke program affiliate.

Program Affiliate adalah salah satu program yang ditawarkan TikTok kepada seluruh penggunanya. Apabila pengguna bergabung dalam TikTok Affiliate, maka mereka bertugas untuk menyebarkan link-link produk melalui media sosial apapun.

Mulai dari TikTok, Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lain sebagainya. Cara penyebaran itu pun bervariasi. Pengguna bisa menerapkan kreativitas masing-masing untuk mewujudkannya. Seperti halnya melalui video, caption, deskripsi, reels, story, dan lain-lain.

Namun perlu dipahami, bawah penghasilan yang didapatkan oleh pengguna, bukan ketika pengguna membagikan link. Melainkan, ketika pengguna lain mengklik link yang dibagikan oleh pengguna bersangkutan. Dengan begitu, pendapatan bisa langsung dikalkulasi oleh pihak TikTok.

2. Mengikuti Program Creator Fund

Mengikuti Program Creator Fund

Tidak hanya program afiliasi, pengguna juga bisa bergabung dalam program creator fund agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Program ini merupakan program influencer yang dikelola sendiri oleh TikTok. Jadi influencer-influencer yang terdaftar, berada di bawah naungan TikTok.

Jika seorang afiliasi bisa mendapatkan keuntungan melalui link yang diklik oleh pengguna lain, influencer yang tergabung dalam TikTok creator fund bertugas untuk membuat konten dengan mempromosikan produk atau layanan tertentu.

Setiap konten-konten yang dibuat nantinya, bisa dikalkulasi dan diperkirakan jumlah penghasilannya. Dalam program ini, sistem penghasilan yang diterapkan oleh TikTok adalah sistem bagi hasil. Jadi, influencer tidak akan menerima penghasilan 100 persen.

Adapun persyaratannya fund adalah berusia minimal 18 tahun, memiliki jumlah pengikut minimal 1000, memiliki 100.000 tayangan video selama rentang waktu 30 hari, memiliki unggahan TikTok minimal tiga kali dalam 30 hari terakhir, dan memiliki reputasi akun yang baik.

3. Mengelola Konten Sebaik Mungkin

Mengelola Konten Sebaik Mungkin

Di samping itu, pengelolaan konten dan akun yang baik sehingga bisa meningkatkan pengikut juga akan mendatangkan manfaat untuk pengguna. Semakin banyak pengikut di akun TikTok, semakin besar juga kesempatanmu untuk bisa menggunakan fitur live streaming.

Mengingat melalui fitur itu, pengguna bisa menerima hadiah hingga poin yang bisa ditukarkan menjadi nominal uang. Jadi, jangan ragu untuk memperbanyak konten-konten kreatif hingga berinteraksi dengan pengikut melalui kolom komentar dan lain sebagainya.

4. Memaksimalkan Kemampuan Diri

Memaksimalkan Kemampuan Diri

Bahkan Ketika pengguna mengetahui dan memahami perkembangan akun TikTok, mereka berkesempatan untuk menjadi admin, menjual jasanya, hingga menjual akun TikTok itu sendiri. Para pebisnis tentu membutuhkan orang dengan keahlian ini dalam dunia yang serba digital.

Sebab hanya dengan ini mereka bisa bersaing dan menjangkau calon pembeli lebih banyak lagi. Dengan begitu, akun dan jumlah pesanan bisa meningkat bersamaan. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, semakin banyak peluangmu dicari oleh recruiter.

5. Live Streaming dan Gift

Live Streaming dan Gift

Bagi pengguna yang memiliki lebih dari 1000 followers atau pengikut dan berumur lebih dari 18 tahun, tentu hal ini bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan penghasilan. Sebab melalui fitur live streaming, kamu bisa mendapatkan donasi, koin, hingga hadiah-hadiah.

Setiap koin, donasi, ataupun hadiah-hadiah yang terkumpul nantinya bisa ditukarkan menjadi uang dan ditarik ke rekening bank, dompet digital, hingga PayPal. Jadi, jangan ragu untuk mengembangkan akun TikTok agar bisa menikmati fitur live streamingnya.

6. Mengaktifkan TikTok Ads

Mengaktifkan TikTok Ads

Jika kamu adalah pengguna yang rutin memproduksi konten, tidak ada salahnya untuk mencoba mengaktifkan TikTok Ads. Hal ini terbilang penting, terutama bagi akun-akun bisnis yang ingin memperluas pasar dan mengembangkan bisnisnya.

Sebab dengan mengaktifkan TikTok ads, bisnismu bisa dipromosikan kepada pengguna-pengguna yang relevan. Dengan begitu, hal ini tentu akan memberikan peluang pada peningkatan penjualan produk atau layanan. Belum lagi, biaya yang minimal yang harus dikeluarkan juga tidak banyak.

Memungkinkan bisnis dengan tingkatan apapun berkesempatan memperluas pasarnya melalui TikTok. Pengguna bisa mengaktifkan TikTok ads dengan biaya minimal Rp200 hingga Rp1.000 dalam sekali tayangan.

Penasaran dengan pendapatan TikTok? Ada cara mengetahui penghasilan TikTok. Cek melalui TikTok Shop via smartphone dan via website serta TikTok Creator Fund. Melalui aplikasi itu, pengguna bisa dengan mudah mengetahui penghasilannya sendiri maupun orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *