TikTok menjadi media sosial yang banyak diincar orang untuk mendapatkan cuan melalui endorse. Bagaimana cara mendapatkan endorse di TikTok supaya penghasilan bisa bertambah dan mendapatkan cuan?
Menjadi endorsement di TikTok bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak harus artis ataupun selebritis ternama. Selama orang itu tahu cara mendapatkan endorsement dari TikTok maka sangat besar kemungkinannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Dengan basis pengguna yang besar, TikTok memang sangat potensial dijadikan sebagai media sosial untuk menambah penghasilan. Tidak heran kalau banyak pemilik atau penjual suatu produk mencari sosok yang dapat diendorse melalui TikTok.
Cara Mendapatkan Endorse di TikTok dalam Waktu Singkat
Data mencatat bahwa Indonesia menjadi negara dengan pengguna TikTok terbesar kedua setelah Amerika Serikat. Mengacu pada data tersebut tentunya tidak salah kalau TikTok juga menjadi media promosi yang efektif untuk menjual produk maupun jasa.
Sudah cukup banyak orang yang sukses dan berhasil mendapatkan cuan dengan menerima endorse dari TikTok. Tertarik untuk mencobanya? Silakan lakukan hal-hal seperti yang disebutkan dibawah ini.
1. Buat Akun TikTok yang Menarik
Hal pertama yang harus dilakukan supaya mendapatkan endorse dari TikTok yaitu membuat akun. Bagaimana bisa mendapatkan endorsement kalau akun saja tidak punya. Tapi ingat, buat akun TikTok yang menarik supaya dilirik oleh brand tertentu ataupun toko.
Tuliskan profil yang bagus, kalau perlu cantumkan apa yang menjadi minat dan kelebihan kamu. Isi akun TikTok dengan berbagai konten menarik dan berkualitas, baik dari segi topik maupun gambarnya.
2. Tingkatkan Jumlah Followers dan Engagement
Cara efektif untuk mendapatkan endorsement di TikTok salah satunya adalah dengan meningkatkan jumlah followers. Berapa jumlah followers yang ideal untuk memulai langkah sebagai influencer TikTok?
Memang tidak ada jumlah yang pasti, usahakan untuk bisa mendapatkan pengikut setidaknya 1000 orang pada akun TikTok. Cara mendapatkan 1000 followers di TikTok dalam waktu cepat yaitu dengan rutin mengupload konten secara rutin, usahakan setiap hari.
Followers yang jumlahnya sudah mencapai 1000 orang dan melakukan interaksi dengan mereka akan lebih mudah untuk meningkatkan engagement. Biasanya faktor followers dan engagement ini menjadi bahan pertimbangan brand saat mencari endorsement.
3. Berikan Service Gratis
Memberikan service gratis juga termasuk cara mendapatkan endorse di TikTok dalam waktu yang relatif cepat. Apa yang dimaksud dengan memberikan service gratis? Yaitu memberikan konten edukatif yang berhubungan dengan keahlian secara gratis.
Misalnya, kamu adalah seorang teknisi maka buatlah konten yang berisi tutorial untuk memasang antena TV digital dengan mudah. Pemilik akun juga dapat membuat review produk tanpa memungut bayaran kemudian mempostingnya dalam TikTok.
Cara seperti ini cukup efektif untuk membuat sebuah akun TikTok dikenal namanya oleh produk maupun merek tertentu. Biasanya, produk-produk dari bisnis UMKM juga mencari endorsement melalui cara ini.
4. Tetapkan Target Konten
Konten yang menarik adalah konten yang unik dan rajin diposting setiap hari. Apakah itu saja cukup? Ternyata tidak. Supaya lebih mudah mendapatkan endorse dari suatu produk, konten sebaiknya dibuat dengan topik tertentu.
Mengapa menetapkan tema konten itu perlu? Karena dengan tema yang jelas, kita bisa menentukan siapa saja yang menjadi targetnya. Kalau sudah ditetapkan siapa saja yang menjadi targetnya, barulah buat konten yang sesuai.
Contohnya, kalau targetnya adalah ibu-ibu muda, konten bisa mengambil tema parenting sehingga banyak yang ingin menontonnya. Supaya lebih jelas, bisa mencari informasi lebih dulu bagaimana cara membuat konten TikTok yang bagus dan sesuai dengan target penonton.
5. Membangun Image dan Reputasi yang Positif
Pencitraan itu perlu, terutama kalau memang ingin menggunakan TikTok untuk mendapatkan endorsement. Dengan alasan tersebut maka perlu dibangun suatu citra dan image yang positif pada akun TikTok.
Membangun image yang positif adalah bagian penting dalam cara mendapatkan endorse di TikTok dalam waktu singkat. Pemilik produk ataupun penjual tentu saja tidak ingin menggunakan jasa orang yang tidak bisa meningkatkan nilai bagi dirinya.
Image yang positif tidak saja menaikkan nama pemilik akun tetapi juga akan meningkatkan nilai atau value dari produk yang ditawarkannya. Kalau sudah memiliki reputasi yang bagus, maka pemilik produk lebih mudah memberikan kepercayaan untuk menawarkan mereknya tersebut.
Reputasi yang bagus dapat dinilai dari bagaimana pengikut memberikan komentar pada konten kamu. Image yang positif berarti tidak ada komentar miring, hujatan, cacian dan hal-hal negatif lainnya dari orang lain.
6. Sering Live Streaming
Kelebihan TikTok adalah pengguna bisa bebas membuat video live streaming kapan saja. Kadangkala, membuat konten yang menarik dan unik saja tidak cukup, meskipun sudah rajin posting setiap hari.
Kebanyakan pemilik produk dan merek lebih suka mencari orang yang sering melakukan live streaming. Mengapa? Karena dengan melihat live streaming, pemilik merek akan lebih mudah menilai bagaimana kemampuannya dalam menyampaikan suatu informasi.
Kepandaian dalam menyampaikan sebuah informasi bisa mempengaruhi orang untuk melihat lebih lanjut apa yang ditawarkan. Selain itu, melalui live streaming, penonton lebih jelas melihat produk yang ditawarkan.
Bukan hanya itu saja, ulasan suatu produk juga akan menjadi lebih mudah dipahami dan lebih jelas ketika disampaikan secara langsung. Karena itulah, sering membuat video live streaming menjadi salah satu faktor penting untuk mendapatkan endorsement di TikTok.
7. Tuliskan Nomor Kontak pada Profil
Menuliskan nomor kontak yang dapat dihubungi juga masuk sebagai cara mendapatkan endorse di TikTok dengan cepat. Nomor kontak sebaiknya dicantumkan pada bio supaya lebih mudah ditemukan orang.
Nomor kontak itulah yang nantinya akan dihubungi oleh pemilik produk dan penjual sebelum menawarkan endorsement. Biasanya, orang yang akan menawarkan endorsement akan menghubungi lewat telepon untuk pembicaraan awal sebelum melakukan kerjasama.
8. Tawarkan Harga yang Masuk Akal
Memang benar tujuan menerima endorsement dari TikTok yaitu untuk menambah penghasilan dan mendapatkan cuan. Tapi itu bukan berarti bahwa kamu bisa seenaknya saja menetapkan harga yang tinggi, apalagi kalau masih level pemula.
Tawarkan harga yang wajar dan masuk akal supaya pemilik merek mau melanjutkan keinginannya untuk menjalin kerjasama. Kalau perlu, carilah informasi lebih dulu berapa tarif endorsement di TikTok untuk pemula, supaya bisa membuat harga yang wajar.
Jangan kuatir cuan tidak akan bertambah, karena seiring dengan semakin dikenalnya akun TikTok kamu, maka juga membuka peluang endorsement lebih banyak. Perlahan-lahan, kamu akan menjadi sosok yang dikenal atau influencer populer sehingga bisa mematok harga yang tinggi.
9. Kolaborasi dengan Influencer
Tidak ada salahnya menjemput bola dengan menarik perhatian para pemilik brand agar menggunakan jasa kita. Bagaimana caranya? Ajak influencer yang sudah memiliki nama untuk melakukan kolaborasi dan membuat video bersama.
Namun, untuk melakukan kolaborasi dengan influencer tentunya juga membutuhkan modal untuk membayar jasa mereka. Tapi demi mendapatkan cuan besar tidak ada salahnya mengeluarkan modal lebih dulu bukan.
Siapapun boleh mencoba cara mendapatkan endorse di TikTok seperti apa yang disebutkan diatas. TikTok membuka peluang bagi kalangan manapun untuk bisa tampil sebagai influencer dan menawarkan suatu produk, supaya penghasilannya bertambah dan dikenal orang.