Cara monetisasi TikTok belakangan menjadi salah satu topik yang meramaikan mesin pencari di internet. Bagaimana tidak, TikTok saat ini menjadi media sosial yang paling favorit. Bahkan tercatat, masyarakat Indonesia adalah pengguna media sosial ini terbesar kedua di dunia.
Salah satu alasan mengapa media sosial ini menjadi kesukaan masyarakat adalah karena kamu sebagai pengguna juga dapat menjadikannya sumber rejeki. Jadi, selain bermedia sosial sebagai hiburan, kamu juga dapat menerima keuntungan lain.
Apa Itu Monetisasi?
Monetisasi merujuk pada bagaimana kamu dapat menguangkan konten yang kamu buat melalui platform tertentu. Konten tersebut dapat berupa tulisan atau blog, video, maupun bentuk konten lainnya.
Namun, pada artikel ini kamu akan lebih lanjut memahami tentang bagaimana konten yang kamu unggah menguangkan sejumlah dana dari konten TikTok.
6 Trik Monetisasi TikTok
TikTok rupanya menyediakan beberapa cara untukmu dan para pengguna lainnya untuk dapat menguangkan konten. Berikut ini adalah beberapa cara yang wajib untuk segera kamu coba!
1. Cara Monetisasi Tiktok Melalui Gift
Kamu bisa mendapatkan poin melalui hadiah yang pengguna lain berikan padamu. Biasanya, pengguna lain akan memberikan hadiah karena terkesan dengan konten milikmu. Alasan lain adalah karena merasa konten tersebut bermanfaat.
Cara menerima hadiah yang kemudian dapat kamu uangkan adalah bahwa pengguna lain cukup menekan tombol bergambar kotak hadiah. Tombol ini akan selalu ada pada bagian kanan bawah ketika pengguna lain sedang menonton konten milikmu.
Ketika tombol tersebut ditekan, maka akan muncul beberapa pilihan jumlah poin. Setiap 100 poin yang kamu terima, kamu dapat menguangkannya menjadi Rp10,00. Oleh sebab itu, penting untuk membuat konten yang menarik dan bermanfaat, agar pengguna lain dengan senang hati mengirim hadiah untukmu.
2. Cara Monetisasi Tiktok Melalui Berjualan
Cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial ini untuk berjualan. Ini memang adalah salah satu kelebihan media sosial ini, apabila membandingkannya dengan yang lain.
Sebab, kamu dapat memiliki etalase pada profil. Kemudian, pengguna lain dapat memilih barang dan checkout langsung dari TikTok Shop. Jadi, kamu tidak perlu mengarahkannya ke marketplace lain untuk proses pembelian.
Setelah terkumpul cukup dana, kamu dapat melakukan monetisasi dari hasil penjualan dan keuntungan yang kamu dapatkan. Menarik, bukan?
3. Cara Monetisasi Tiktok Melalui Challenge
Media sosial ini secara berkala akan memberikan tantangan pada para pengguna. Tak sekedar tantangan, sebab akan ada poin jika kamu berhasil menyelesaikan misi tersebut.
Salah satu contohnya adalah misi untuk mengirim undangan kepada teman, agar ikut serta mengunduh dan menggunakan media sosial ini. Kamu tidak hanya akan mendapat poin ketika teman bergabung.
Namun, jika teman tersebut menonton video melalui TikTok sampai batas waktu minimal tertentu, kamu juga akan mendapatkan poin. Walau nampak mudah, media sosial ini juga menerapkan batasan waktu untukmu menyelesaikan setiap tugas.
Tantangan lain yang mungkin muncul misalnya adalah menonton video selama 30 menit sehari. Nampaknya, ini adalah cara yang paling mudah, bukan?
4. Cara Monetisasi Tiktok Melalui Affiliate
Mempromosikan produk, padahal tidak punya stok barang? Hal semacam ini sudah menjadi hal yang sangat wajar sekarang. Sebabnya adalah karena banyak marketplace yang memiliki program affiliate. Media sosial yang satu ini juga memilikinya.
Jadi, kamu dapat membuat video konten yang mempromosikan suatu produk. Pada video tersebut, kamu dapat mencantumkan tautan produk dari etalase milik seller. Dengan demikian, setiap ada pengguna yang menonton video milikmu hingga melakukan transaksi melalui tautan tersebut, kamu akan menerima komisi poin.
Kamu tentu perlu membuat video yang menarik, informatif, dan jujur. Sehingga, orang yang menemukan video milikmu di FYP mereka, dapat dengan mudah tertarik untuk melakukan pembelian.
Beberapa ide untuk membuat video promosi adalah kamu dapat membuat video ulasan penggunaan produk, manfaat suatu produk, cara penggunaannya dengan detail, dan masih banyak lagi.
5. Cara Monetisasi Tiktok Melalui Live Streaming
Cara kelima adalah dengan melakukan live streaming atau siaran langsung. Ketika mengadakan siaran langsung, kamu dapat mengumpulkan poin melalui beberapa cara. Pertama, kamu dapat menerima gift atau hadiah dari penonton.
Semakin banyak penonton, maka semakin besar kemungkinan banyak penonton yang menyukai siaranmu dan memberikan hadiah sebagai dukungan. Dalam hal ini, tema siaran langsung dan bagaimana kamu membawakannya akan berperan sangat penting.
Sedangkan yang kedua adalah siaran langsung untuk berjualan. Jadi, kamu dapat menjelaskan tentang produk-produk yang kamu jual melalui siaran langsung. Hal ini memiliki keunggulan, yaitu penonton dapat berinteraksi langsung denganmu.
Misalnya, jika mereka ingin menanyakan hal khusus tentang produk yang kamu jual. Ketika siaran langsung, kamu dapat menjawab pertanyaan secara langsung. Kamu dan calon pembeli dapat berinteraksi tanpa jeda waktu tunggu. Transaksi jual beli tentu akan lebih nyaman melalui metode ini.
6. Cara Monetisasi Tiktok Melalui Pulse
Cara berikutnya adalah melalui pulse. Pulse adalah program dari TikTok yang cara kerjanya mirip dengan penayangan iklan pada platform YouTube. Caranya adalah bahwa akan ada iklan yang terselip pada video pengguna TikTok.
Kemudian, pengguna akan mendapat bagi hasil dari penayangan iklan tersebut. Kabarnya, iklan ini akan tampil pada setiap 4% dari video-video yang populer. Walau demikian, cara rinci untuk mendapatkan kesempatan ini belum rilis.
Oleh sebab itu, sebagai pengguna aplikasi ini, yang dapat kamu lakukan adalah berupaya terus membuat konten yang menarik. Dengan demikian, konten tersebut akan masuk dalam daftar video populer, sehingga kesempatan mendapat iklan semakin besar.
Semakin berkualitas konten yang kamu buat, maka kemungkinan semakin banyak pengguna yang akan menyukai konten tersebut.
Syarat Utama dalam Cara Monetisasi TikTok
Melakukan monetisasi dari aktivitasmu pada media sosial ini tentu bisa kamu lakukan jika sudah memenuhi syarat utama. Beberapa trik monetisasi mensyaratkan bahwa akun milikmu harus memiliki minimal 1.000 pengikut.
Dengan kata lain, fitur-fitur tertentu hanya dapat muncul setelah akun milikmu memenuhi syarat tersebut. Salah satunya adalah fitur untuk mendapatkan gift atau hadiah dari pengguna lain.
Sedangkan syarat agar produk-produk dagangan dapat muncul ke dalam profil adalah dengan menggunakan profil bisnis. Walau demikian, apabila sudah memiliki lebih dari 1.000 pengikut, kamu tentu akan lebih mudah meraup keuntungan.
Namun, ada salah satu trik mendapatkan keuntungan dari media sosial ini tanpa ada syarat jumlah pengikut. Cara ini adalah dengan mengerjakan challenge atau tugas. TikTok dapat sewaktu-waktu memberikan tugas tersebut kepadamu walau jumlah follower kamu sedikit.
Yuk, Memanfaatkan Monetisasi TikTok!
Media sosial yang satu ini memang menyediakan beberapa cara agar para penggunanya tidak hanya bersenang-senang. Melainkan, juga memperoleh penghasilan darinya.
Sebagai pengguna kamu dapat dengan bijak memilih cara monetisasi TikTok yang paling sesuai denganmu. Misalnya, jika kamu punya passion untuk berjualan, kamu dapat membuka TikTok Shop. Selamat mencoba!