TikTok merupakan platform yang multifungsi sehingga saat ini sering digunakan sebagai media bisnis dan promosi. Tidak hanya mengaktifkannya, pengguna juga harus mengetahui cara membatalkan promosi di TikTok.
Dengan begitu pengaktifan iklan bisa disesuaikan dengan kebutuhan agar mampu bekerja secara efektif. Promosi seperti iklan berfungsi untuk memperkenalkan produk ke audiens secara luas untuk meningkatkan penjualan.
Jika telah terbiasa melihat sebuah produk, maka keinginan untuk membeli tentu akan semakin tinggi. Sehingga iklan seringkali diterapkan sebagai strategi untuk memikat para pelanggan.
Tutorial Membuat Promosi di Tiktok Secara Mudah
Promosi dibutuhkan agar konten yang diupload dapat menjangkau audiens secara luas. Dengan begitu potensi penjualan produk tentu akan semakin tinggi. Ads memiliki banyak manfaat sehingga perlu diaktifkan untuk mendukung perkembangan bisnis.
Cara membuat ads cukup mudah, bisa dilakukan secara langsung melalui aplikasi maupun dashboard TikTok ads. Apabila belum memahami caranya, simak penjelasan di bawah ini.
1. Secara Langsung Melalui App
Promosi TikTok gratis bisa dilakukan dengan memulai live streaming secara rutin. Namun hal tersebut tidak cukup efisien karena bergantung pada jumlah penonton. Agar dapat lebih efektif mempromosikan produk, kamu bisa membuat anggaran untuk ads.
Namun hasil yang diberikan umumnya kurang optimal. Tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Simak caranya berikut ini.
- Langkah awal adalah ubah akun TikTok yang dimiliki menjadi Akun Bisnis.
- Tentukan Konten yang ingin dipromosikan.
- Pilih gambar icon Titik Tiga di bagian kanan bawah video.
- Ketuk pilihan menu Promosi.
- Isi Data Promosi sesuai kebutuhan, mulai dari targetnya, jangkauan, hingga anggaran.
- Tekan Aktifkan untuk mulai promosi.
- Lakukan Pembayaran dengan memilih metode yang tersedia. Iklan akan aktif setelah pembayaran terverifikasi.
2. Melalui TikTok Ads Manager
Untuk dapat mengakses layanan TikTok Ads, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Selain itu, sebelum mengaktifkan iklan, tentukan anggaran harian yang sesuai agar bisa menjangkau audien lebih banyak.
Berbagai pengaturan bisa dilakukan melalui dashboard yang tersedia secara mudah. Cara pembayaran promosi TikTok juga cukup mudah karena tersedia banyak sekali opsi.
Setelah pembayaran terverifikasi, ads bisa langsung dipasang dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Berikut cara membuatnya.
- Pastikan sudah terdaftar dan memiliki akun TikTok Business Manager terlebih dahulu.
- Login dengan akun untuk mulai memasang ads di TikTok.
- Pilih Target Iklan yang sesuai keinginan. Pemilihan target bisa disesuaikan dengan tujuan iklan.
- Tentukan Tipe Promosi yang diinginkan.
- Pilih Penempatan Iklan yang sesuai, umumnya TikTok akan menentukannya secara otomatis.
- Pada Halaman Target Iklan, isi informasi yang dibutuhkan diantaranya seperti wilayah, umur, dan lainnya. Pengaturan ini dibutuhkan untuk menentukan target penjualan yang ingin dicapai.
- Atur Biaya dan Anggaran yang ingin digunakan untuk ads.
- Tentukan Batas Anggaran, apakah untuk harian atau mingguan.
- Atur Batas Pengeluaran agar tidak melebihi anggaran. Semakin besar jumlah pengeluaran, maka jangkauan audiens yang bisa diraih akan semakin tinggi.
- Masukkan Materi Iklan berupa video promosi yang telah dibuat. Pastikan ukuran dan isinya sudah sesuai dengan kebijakan TikTok agar ads dapat bekerja secara optimal.
- Submit untuk konfirmasi
Cara Membatalkan Promosi di TikTok
Terdapat dua cara membatalkan promosi di TikTok yang bisa diterapkan dengan mudah. Setiap pengguna memiliki alasan mengapa ingin membatalkan ads yang diaktifkan. Diantaranya adalah ingin mengubah jenis iklan, menentukan kembali anggaran iklan, dan lain sebagainya.
Pengaktifan maupun pembatalan ads bisa dilakukan secara praktis sehingga tidak menyulitkan pengguna dalam melakukan promosi. Jika ingin membatalkannya, simak panduannya caranya sebagai berikut.
1. Manual dari Aplikasi
Beberapa alasan bisa saja membuat pengguna menghentikan ads yang sudah diaktifkan sebelumnya. Cara membatalkan rekomendasi TikTok bisa dilakukan kapan saja. Saat mengatur ads, kamu bisa menentukan durasi tayang iklan yang diinginkan.
Apabila sudah mendekati ambang batas, iklan bisa dilanjutkan maupun dihentikan. Pilihan tersebut bisa ditentukan oleh pemilik akun sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Untuk membatalkannya, lakukan tata cara berikut ini.
- Buka TikTok untuk dapat mengakses fitur tersedia.
- Pilih menu opsi Promosi.
- Pilih Video yang sudah diaktifkan iklan.
- Ketuk opsi Matikan Promosi untuk membatalkan ads.
- Selesai.
2. Lewat TikTok Ads Manager
Layanan TikTok Ads dilengkapi dengan dashboard yang dapat digunakan untuk mengatur kebutuhan terkait promosi. Cara membatalkan promosi di TikTok lewat TikTok Ads Manager cukup mudah, hanya perlu melalui beberapa langkah saja.
Hal tersebut terjadi karena fitur yang dihadirkan sudah sangat lengkap dan mudah dimanfaatkan. Penyesuaian target juga dapat lebih spesifik diatur melalui opsi dashboard. Ikuti langkah berikut untuk membatalkan promosi di TikTok.
- Buka halaman Dashboard TikTok Ads Manager.
- Silahkan akses menu opsi Kampanye untuk melakukan pengaturan ads.
- Pilih Iklan Aktif yang ingin dihentikan.
- Geser toggle tersedia untuk Nonaktifkan Iklan. Secara otomatis iklan yang sebelumnya aktif akan dibatalkan.
Manfaat Mengaktifkan TikTok Ads
Berbagai upaya dilakukan untuk dapat menjangkau audiens secara luas. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap tingkat penjualan dan perkembangan bisnis. Cara promosi video TikTok melalui ads menjadi pilihan yang banyak dilakukan karena sistem kerjanya dinilai lebih efektif.
Dengan bantuan ads, produk bisa lebih direkomendasikan dan mendapatkan banyak pelanggan. Adapun manfaat dari TikTok ads adalah sebagai berikut.
1. Meningkatkan Penjualan
Dengan mengaktifkan ads, potensi penjualan dapat secara efektif ditingkatkan. Seperti yang diketahui bahwa pasar online saat ini sangat bersaing.
Untuk itu pelaku bisnis harus cermat dalam menyusun strategi pemasaran agar produk bisa dikenal dan dibutuhkan oleh banyak orang. Untuk dapat menjangkau target pasar yang lebih luas dan bersaing di pasaran, pebisnis perlu memanfaatkan layanan ads.
2. Memperluas Jangkauan Pasar
Popularitas TikTok yang semakin menanjak membuat pebisnis bisa menggunakan platform ini untuk promosi. Dengan menggunakan promosi TikTok, kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas hingga ke berbagai wilayah.
Jangkauan hingga pasar global membuat brand bisa lebih cepat dikenal. Sebelum mengaktifkan iklan, penentuan target pasar yang ingin dijangkau tentu harus dipertimbangkan. Dengan begitu iklan bisa diaktifkan dengan pengaturan yang sesuai untuk meraih target.
3. Media Promosi Efektif yang Terjangkau
TikTok ads menghadirkan sarana promosi yang fleksibel dengan harga terjangkau. Pemilik akun bisa menentukan sendiri anggaran biaya untuk iklan sesuai keinginan. Dengan mengaktifkan layanan ini, kamu bisa menjangkau audiens secara luas dengan biaya ringan.
Potensi penjualan yang bisa diraih juga semakin meningkat sehingga bisa dipilih sebagai cara efektif untuk menguasai pasar.
Opsi pembayaran yang tersedia juga banyak sehingga aktivasi iklan bisa dilakukan secara instan tanpa repot. Agar efektif, strategi dan anggaran iklan harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum diaktifkan.
Dengan mempelajari cara membatalkan promosi di TikTok, penyesuaian untuk mendukung operasional bisnis dapat dilakukan secara fleksibel sesuai kebutuhan. Promosi bisa jadi salah satu strategi efektif yang bisa digunakan untuk mengenalkan produk guna menjangkau target audiens luas.