Sebagian pembeli di TikTok Shop pasti pernah mengalami kendala pengiriman saat membeli suatu produk dari fitur belanja online dari TikTok tersebut. Maka dari itu, sebelum berbelanja di TikTok Shop kamu harus tahu cara menghubungi pihak ekspedisi TikTok Shop untuk menanyakan pesananmu.
Salah satu jasa ekspedisi yang disediakan oleh pihak TikTok Shop adalah J&T Express. Ada banyak orang yang memilih jasa ekspedisi ini untuk mengantarkan pesanannya. Jadi, tak heran jika terkadang ada keterlambatan pengiriman akibat banyaknya jumlah barang yang harus dikirimkan oleh mereka.
Terlambat 1-2 hari mungkin masih bisa ditoleransi, tapi bagaimana jika barang yang telah dibeli itu tidak kunjung datang hingga 5 hari kemudian? Tentu kamu harus segera menanyakan tentang masalah ini kepada pihak ekspedisi. Maka dari itu, pahami cara menghubungi ekspedisi TikTok Shop berikut ini!
Cara Menghubungi Pihak Ekspedisi TikTok Shop dan Melacak Pesanan
Seiring berjalannya waktu semakin ada banyak penjual yang memanfaatkan fitur TikTok Shop ini untuk menjangkau pelanggan secara lebih luas. Sebab, TikTok Shop dikatakan sebagai tempat belanja online terbaik yang selalu menawarkan harga termurah dengan kualitas barang yang menjanjikan.
Namun, dengan semakin banyaknya orang yang berbelanja di sini, maka hal ini dapat membuat jumlah pengiriman barang yang harus dilakukan oleh pihak ekspedisi semakin menumpuk. Bagi para pembeli yang merasa barangnya tidak kunjung datang, hubungi pihak ekspedisinya dengan cara di bawah ini:
1. Cara Lacak Pesanan TikTok Shop
Untuk menghindari kesalahpahaman antara pihak pembeli dan ekspedisi, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa lokasi barangmu masih berhenti di tempat yang sama selama beberapa hari. Jika hasil pelacakan pesanan ini mencurigakan, maka kamu bisa langsung menghubungi ekspedisi.
Namun, jika masih ada pergerakan dalam proses pengiriman barang tersebut, maka akan lebih baik jika kamu menunggunya selama beberapa hari terlebih dahulu. Untuk melihat lokasi terkini barang yang sudah kamu beli dari TikTok Shop, lakukan beberapa langkah berikut ini:
- Buka aplikasi TikTok yang ada di perangkatmu, lalu masuk ke menu “Profil” di bagian kanan bawah.
- Setelah itu, buka menu “Pengaturan dan Privasi” untuk memilih opsi “Pesanan”.
- Tak lama kemudian layar akan menampilkan daftar pesanan yang sudah dilakukan, lalu klik status pesanan yang di bagian “Untuk Dikirim”.
- Klik salah satu barang yang akan dilacak resinya, kemudian informasi lengkap terkait proses pengiriman barang tersebut dapat terlihat, tak terkecuali nomor resinya.
- Salin nomor resi dari barang tersebut, lalu buka situs pengecekan resi pada aplikasi browser milikmu.
- Tempelkan nomor resi yang telah disalin sebelumnya di kolom yang tersedia di dalam situs, lalu lokasi barang yang dikirim dapat langsung terlihat.
- Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti barang hilang selama proses pengiriman, cek secara berkala lokasi pesanan tersebut.
2. Cara Menghubungi Pihak Ekspedisi TikTok Shop
Setelah tahu bagaimana cara cek resi TikTok Shop yang baik dan benar, sekarang kami akan membahas tentang cara menghubungi pihak TikTok dan ekspedisi untuk menanyakan tentang pesanan yang tak kunjung datang. Selain itu, cara ini juga bisa dilakukan saat barang rusak.
Sebagai contoh, barang yang kamu terima ternyata patah atau tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh pihak penjual, maka kamu berhak menanyakannya kepada pihak ekspedisi ataupun TikTok. Lantas, bagaimana cara menghubungi pihak ekspedisi dan TikTok yang benar?
a) Cara Menghubungi Customer Service TikTok Shop
Sebelum menanyakannya langsung ke pihak ekspedisi, mungkin kamu bisa menanyakannya ke pihak customer service TikTok Shop terlebih dahulu. Cara menghubungi customer service TikTok Shop bisa dibilang sangat mudah untuk dilakukan, yaitu:
- Masuk ke menu “TikTok Shop” pada aplikasi TikTok di perangkatmu, lalu klik tombol “Bantuan”.
- Jika sudah, pilih opsi “Obrolan Live” dan tak lama setelah itu kamu akan langsung dihubungkan dengan chatbot.
- Untuk menghubungi pihak customer service secara langsung, pilih opsi “Mengobrol dengan Live Agen”.
- Kemudian, kamu dapat langsung mengobrol dengan pihak TikTok dan berikan ID pesanan yang mengalami masalah tersebut.
- Setelah pihak customer service menerima keluhan dari kamu, maka keluhan tersebut akan segera ditindaklanjuti.
b) Cara Menghubungi Jasa Ekspedisi TikTok Shop
Para pembeli TikTok Shop yang ingin menanyakan tentang status pengirimannya langsung ke pihak ekspedisi harus tahu bagaimana cara melihat nomor kurir di TikTok Shop. Sebab, hanya kurir itu yang tahu keberadaan barangmu saat ini.
Untuk itu, di sini kami akan membahas secara lengkap tentang cara menghubungi pihak ekspedisi TikTok Shop beserta melihat nomor kurirnya yang jelas, dan di antaranya adalah:
- Pertama-tama, cek terlebih dahulu jasa ekspedisi apa yang dipilih oleh toko penjual barang tersebut.
- Kemudian, cek resinya dengan melakukan cara sebelumnya dan download aplikasi dari pihak ekspedisi, misal aplikasi J&T Express.
- Pilih opsi “Lacak Resi” dan masukkan nomor resi yang sudah disalin sebelumnya pada kolom yang tersedia.
- Klik tombol “Drop Point”, lalu layar akan menampilkan nama kurir dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
- Hubungi nomor telepon yang tertera tersebut untuk menanyakan tentang keberadaan barangmu.
Cara Memilih Ekspedisi di TikTok Shop agar Barang Lebih Cepat Sampai
Biasanya, orang-orang tidak akan menggunakan jasa ekspedisi yang sama ketika mereka pernah mengalami masalah saat menggunakan jasa tersebut. Maka dari itu, para penjual di TikTok harus menyediakan berbagai pilihan ekspedisi yang bisa dipilih sendiri oleh setiap pelanggannya.
Cara ini bisa dilakukan sebelum membuka toko online di TikTok Shop. Jadi, barang yang dipesan oleh para pelanggan itu bisa sampai secara lebih cepat. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memilih dan mengatur ekspedisi di TikTok Shop bagi para penjual:
- Lakukan tahapan login pada “TikTok Shop Seller Center” dan gunakan akun pribadi untuk masuk ke halaman selanjutnya.
- Pada halaman utama situs tersebut, pilih menu “Pengiriman” dan opsi “Jasa Pengiriman”.
- Aktifkan semua pilihan ekspedisi yang tersedia di sana dan pastikan jasa-jasa ekspedisi tersebut tersedia di lokasimu saat ini.
- Selesai. Pemilihan ekspedisi yang bisa dipakai berhasil dilakukan dan pelanggan dapat lebih puas dengan pelayanan yang telah kamu berikan.
Cara Melihat Status Pesanan di TikTok Shop Apakah Sudah Dikirim atau Belum
Cara terakhir yang akan kami bahas adalah cara untuk melihat status pesanan di TikTok Shop apakah sudah dikirim atau belum, dan langkah-langkahnya adalah:
- Masuk ke menu “Profil” yang ada di halaman utama aplikasi TikTok, lalu pilih menu “Pengaturan dan Privasi”.
- Klik tombol “Pesanan” dan “Semua” untuk melihat seluruh pesanan yang telah dilakukan sebelumnya.
- Nantinya, informasi terkait status dari masing-masing pesanan dapat langsung terlihat, mulai dari yang belum dikirim hingga yang sudah diterima oleh pelanggan.
- Selesai.
Belanja online di TikTok Shop memang lebih untung saat ini. Sebab, harga yang ditawarkan tergolong lebih murah dibanding marketplace lainnya. Namun, sebelum membeli barang di sini kamu perlu tahu cara menghubungi pihak ekspedisi TikTok Shop untuk mengatasi kendala pengiriman barang.