Apa Itu FYP TikTok? Ketahui Definisi, Cara Memakai, dan Manfaatnya

Apa Itu FYP TikTok? Ketahui Definisi, Cara Memakai, dan Manfaatnya

Para pembuat konten atau content creator di TikTok pastinya ingin agar konten unggahan mereka laris manis di aplikasi ini. Sistem FYP adalah salah satu ilmu penting dalam membuat konten agar ramai dilihat. Bacalah artikel ini supaya kamu tahu apa itu FYP TikTok.

Apa Itu FYP TikTok dan Fungsinya?

FYP adalah singkatan dari “For Your Page”, sebuah sistem algoritma yang mengatur konten apa yang tampil di layar utama TikTok. Sebuah konten TikTok akan mendapat penilaian dari algoritma FYP berdasarkan tingkat interaksi audiensnya seperti jumlah like dan komentar pada konten itu.

Fungsi algoritma FYP ini ialah untuk membuat konten unggahanmu tampil di layar utama pengguna aplikasi ini. Konten-konten TikTok yang paling terlihat oleh para pengguna akan mendapat lebih banyak perhatian, yang kemudian bisa menumbuhkan channel kamu.

Cara agar Kontenmu Masuk FYP

Apa yang harus kita lakukan agar konten TikTok yang telah kita buat dapat masuk ke algoritma FYP? Setelah kamu tahu apa itu FYP TikTok, kamu juga perlu tahu cara-cara terbaik dalam menerapkan sistem ini pada kontenmu.

1. Kata Kunci pada Konten Harus Relevan

Langkah 1. Kata Kunci pada Konten Harus Relevan

Bagaimana cara memakai algoritma ini supaya konten kamu muncul di peringkat teratas FYP orang-orang? Cara pertama yang bisa kamu pakai ialah memasukkan kata kunci (keyword) yang relevan dengan topik konten kamu.

Apabila kamu membuat konten TikTok tentang kuliner, maka kata kuncinya harus berhubungan dengan kuliner juga. Lalu, konten tentang aksesoris wanita membutuhkan kata kunci yang terkait dengan aksesoris wanita, dan seterusnya.

2. Unggah Konten di Jam-Jam Terbaik

Pengguna TikTok yang masih awam biasanya suka mengunggah konten mereka tanpa melihat waktu. Hindari kebiasaan ini, sebab konten FYP terbaik ialah konten yang kamu unggah di jam-jam tertentu!

Misalnya di hari Senin, jam FYP terbaik yaitu pukul 14:00, 18:00, dan 21:00 Waktu Indonesia Barat (WIB). Sementara itu, jam terbaik untuk FYP di hari Sabtu adalah 06:00, 07:00, dan juga 22:00 WIB.

Hindari mengunggah konten TikTok kamu di jam kerja atau jam sekolah, sebab jumlah penontonnya pasti sedikit. Selain itu, konten kamu juga berisiko tergeser oleh konten-konten lain.

3. Masukkan Lagu yang Trend dan Enak Didengar

Langkah 3. Masukkan Lagu yang Trend dan Enak Didengar

Content creator profesional yang paham apa itu FYP TikTok biasanya menyarankan kamu untuk menyisipkan lagu atau musik ke dalam konten. Syaratnya adalah lagu tersebut nadanya harus catchy atau enak didengar oleh para penonton.

Kamu dapat menemukan atau memilih audio TikTok yang sedang trending atau coba cari di aplikasi lain semisal YouTube dan ketikkan kata kunci seperti “lagu-lagu paling hits tahun ini”. Begitu kamu menemukan lagu pilihanmu, kamu bisa memasukkannya ke video TikTok sebagai musik di latar belakangnya.

4. Tambahkan Hashtag yang Sedang Populer

Langkah 4. Tambahkan Hashtag yang Sedang Populer

Untuk bisa masuk ke FYP, ada baiknya jika kamu menambahkan dua atau lebih hashtag ke dalam konten. Jangan lupa kamu masukkan simbol tagar di depan hashtag tersebut agar terlihat jelas.

Carilah apa saja contoh hashtag yang sedang trending di TikTok, Google Trends, YouTube, atau di media sosial lain. Setelah kamu menemukannya, periksa dulu apakah hashtag itu relevan dengan konten kamu sebelum ditambahkan.

5. Kolaborasi dengan Pembuat Konten Lain

Langkah 5. Kolaborasi dengan Pembuat Konten Lain

Pada beberapa kesempatan, dua content creator atau lebih akan berkolaborasi untuk membuat konten TikTok yang tidak biasa. Kolaborasi antar pembuat konten ini dapat kamu andalkan untuk menaikkan peringkat FYP konten kamu.

Dalam perihal apa itu FYP TikTok dan tutorialnya, kamu dianjurkan untuk mengikuti atau subscribe ke akun lain yang sudah terkenal. Apabila kamu beruntung, kamu bisa mengajak pemilik akun TikTok itu untuk melakukan kolaborasi konten spesial.

Jika bingung hendak berkolaborasi dengan siapa, kamu bisa ketik kata kunci yang kamu inginkan lalu melihat akun-akun mana saja yang sering mendapat banyak views/likes.

6. Utamakan Konten Berdurasi Singkat

Tidak banyak pengguna TikTok yang suka menonton konten berdurasi lama, apalagi jika sampai lebih dari 1 menit. Makanya, jika kamu sedang membuat konten untuk TikTok, jangka waktu videonya jangan terlalu lama.

Rata-rata durasi konten yang pengguna TikTok sukai adalah sekitar 15 hingga 30 detik, tidak lebih dari itu. Alasannya yaitu para penonton ingin melihat sebanyak mungkin konten tanpa merasa tertahan oleh video berdurasi lama.

Apabila perlu, kamu sebaiknya mengedit agar konten tersebut tampak dua kali lebih cepat daripada kecepatan yang sebenarnya. Hal ini berguna bagi konten yang sifatnya berupa tutorial singkat atau video tips dan trik.

7. Bagikan Konten di Media Sosial Lainnya

Langkah 7. Bagikan Konten di Media Sosial Lainnya

Meskipun jumlah ketertarikan pengguna TikTok pada konten kamu masih kurang, kamu masih bisa menggunakan cara lainnya, yakni dengan membagikan konten TikTok kamu di media sosial lainnya agar mendapat lebih banyak tontonan dari audiens.

Jika berkenan, kamu juga bisa membagikan konten TikTok kamu di aplikasi Instagram dan YouTube dalam kategori Shorts. Pada bagian deskripsi video itu, jangan lupa sisipkan link yang mengarahkan penonton ke channel TikTok kamu.

Manfaat dari Sistem FYP

Semua orang bisa mengunggah konten mereka ke aplikasi TikTok tanpa batas, lalu mengapa algoritma FYP ini penting? Ada beberapa manfaat besar yang dapat akun kamu rasakan apabila telah mengerti apa itu FYP TikTok dan kelebihannya.

1. Menambah Jumlah Followers

Manfaat pertama dari berhasilnya konten kamu masuk FYP adalah dapat menambah jumlah pengikut atau followers. Para followers ini hanya tertarik kepada akun TikTok yang mampu memproduksi konten-konten yang menarik perhatian dan layak untuk mereka bagikan.

Jumlah followers yang banyak nantinya akan berkontribusi kepada pertumbuhan akun kamu di TikTok, sehingga lebih banyak dilihat orang. Siapa tahu, dari sekian banyak pengikut baru itu, ada yang ikut membagikan konten videomu ke pengguna TikTok lainnya.

2. Membuka Kesempatan Kolaborasi

Bagi para content creator muda yang sudah paham apa itu FYP TikTok, ini ialah kesempatan emas untuk berkolaborasi dengan content creator lain. Sebuah proyek video yang mereka kerjakan bersama memiliki peluang besar untuk meningkatkan popularitas akun TikTok masing-masing.

Bukan hanya popularitas, kesempatan berkolaborasi ini juga sangat bagus untuk mempromosikan akun kamu. Meskipun demikian, kamu sebaiknya memilih rekan kolaborasi konten tersebut dengan seksama agar hasilnya dapat menarik minat audiens di TikTok.

3. Sarana Mempromosikan Bisnis

Bagi kamu yang mengandalkan TikTok sebagai sarana memasarkan usaha, maka algoritma FYP bisa menjadi cara untuk mendatangkan konsumen baru. Ingat, konten yang berhasil masuk FYP adalah video yang menarik perhatian dan banyak orang bagikan.

Semakin menarik konten yang kamu unggah, maka semakin banyak pula orang yang tertarik untuk mencari tahu tentang bisnis kamu. Nantinya, para pengguna TikTok ini akan menjadi konsumen baru yang dapat membantu usahamu menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

Sudah Paham Apa Itu FYP TikTok?

Memahami bagaimana cara sistem FYP ini berfungsi ialah salah satu langkah terbaik untuk meraih kepopuleran di aplikasi TikTok. Oleh karena itu, kamu harus mampu mencari cara-cara strategis agar konten TikTok kamu menjadi terkenal di mata para pengguna aplikasi ini.

Selain melakukan cara agar konten masuk FYP di atas, kamu tetap bisa melakukan uji coba lain dan temukan strategi mana yang paling efektif untuk kamu terapkan secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *