Apakah Content Creator TikTok Dapat Uang? Ini Jawabannya

Apakah Content creator TikTok Dapat Uang

Sejak kemunculannya pertama kali, TikTok dikenal sebagai salah satu aplikasi konten audio-visual yang sangat menarik. Namun tahukah kamu, bahwa konten-konten yang diunggah bukan hanya sebagai hiburan semata, tetapi juga pekerjaan. Apakah content creator TikTok dapat uang?

Seperti yang kita ketahui hari ini, TikTok bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan melalui penjualan produk di TikTok Shop. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memberikan penghasilan kepada para influencer yang berada di bawah naungan TikTok.

Bagi pemula yang baru bergabung, tentu fenomena ini menimbulkan serentetan pertanyaan. Mulai dari bagaimana cara mendapatkan uang, apakah pemula bisa mendapat penghasilan dari tiktok, bagaimana pengelolaannya, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita akan mengulasnya hari ini.

Apakah Content creator TikTok Dapat Uang?

Apakah Content creator TikTok Dapat Uang?

Jika dihadapkan dengan pertanyaan, apakah content creator TikTok dapat uang? Jawabannya adalah content creator mendapat uang. Dengan catatan, content creator yang bersangkutan telah bergabung dalam program TikTok Creator Fund.

TikTok Creator Fund merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh TikTok agar para content creator bisa mendapatkan uang dengan cara monetisasi setiap konten yang mereka buat. Dengan begitu, semakin banyak konten yang dibuat, semakin meningkat pula penghasilannya.

Ini merupakan salah satu program yang banyak disukai dan diikuti oleh para content creator TikTok. Sebab bagi mereka yang suka membuat konten, tugas yang diberikan terbilang menyenangkan, yakni membuat dan mengunggah video menarik agar bisa mendatangkan penonton banyak.

Perlu diketahui, bahwa sistem penghasilan yang berlaku untuk program ini adalah sistem bagi hasil. Jadi, content creator tidak bisa mendapatkan 100 persen penghasilan dari konten-konten yang mereka produksi. Melainkan, penghasilan itu dibagi dengan perusahaan sesuai peraturan.

Jadi sudah tahu bukan, kalau TikTok sekarang bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang mendatangkan penghasilan? Masih ragu untuk bergabung di TikTok? Atau masih ingin bertanya lagi, apakah content creator TikTok dapat uang? Coba simak pembahasan selanjutnya.

Syarat Bergabung ke TikTok Creator Fund

Syarat Bergabung ke TikTok Creator Fund

Setiap pengguna yang ingin bergabung dalam program TikTok Creator Fund, harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh content creator yang ingin mendaftar adalah minimal berusia 18 tahun dan memiliki 10.000 pengikut dalam akunnya.

Selain itu, content creator juga harus memiliki 100.000 penonton dalam konten yang ia miliki selama rentang waktu 30 hari terakhir. Akun yang mereka gunakan juga harus berbasis di daerah yang sudah menerapkan program TikTok Creator Fund.

Mulai dari Italia, Jerman, Spanyol, Prancis, Inggris, hingga Amerika Serikat. Untuk Indonesia, tampaknya memang belum menerapkan program ini. Namun beberapa content creator TikTok sempat memprediksi bahwa TikTok Creator Fund akan hadir di Indonesia.

Persyaratan terakhir adalah content creator hanya diperbolehkan membuat dan mengunggah konten original sesuai dengan Panduan Pedoman Komunitas TikTok. Mungkin beberapa persyaratan ini terbilang berat bagi pemula, tetapi tidak ada yang mustahil selama kamu berusaha.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

Jika kamu pengguna baru yang baru saja mendaftar dan membuat akun di aplikasi TikTok, bergabung ke TikTok Creator Fund nampaknya belum bisa terwujud. Namun tenang saja, karena masih ada banyak cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan dari TikTok.

1. Tiktok Creator Marketplace (TCM)

Salah satu yang bisa diusahakan adalah bergabung dalam TikTok Creator Marketplace. Ini termasuk dalam program resmi TikTok yang mewadahi pengguna dan brand agar bisa berkolaborasi menciptakan konten-konten apik.

Di samping itu, brand juga bisa melakukan pemasaran melalui kolaborasinya itu, sehingga kedua belah pihak bisa sama-sama diuntungkan. Sama seperti program TikTok Creator Fund, program ini juga memiliki sejumlah persyaratan bagi setiap pengguna yang ingin bergabung.

Beberapa persyaratannya adalah pengguna harus memiliki pengikut minimal sebanyak 1000 akun. Selain itu, akun TikTok pengguna juga harus diubah menjadi akun content creator atau bisnis. Dengan begitu, identitas itu bisa digunakan untuk mempromosikan produk. Berikut cara daftarnya.

  • Buka aplikasi TikTok untuk mengubah akun menjadi bisnis atau creator fund
  • Buka menu ‘profil
  • Klik ikon ‘menu
  • Klik ‘pengaturan dan privasi
  • Klik ‘kelola akun
  • Klik ‘beralih ke akun bisnis
Klik ‘beralih ke akun bisnis’
  • Ikuti petunjuk sampai selesai
  • Buka website https://creatormarketplace.tiktok.com/
  • Registrasi
  • Isi formulir yang tersedia
  • Tunggu persetujuan TikTok
  • Jika disetujui, kamu akan mendapat email berisi pendaftaran yang disetujui
  • Login ke akun TikTok Creator Marketplace
  • Buka menu ‘my brands
  • Klik ‘add brand
  • Masukkan data-data dan dokumen yang dibutuhkan
  • Tunggu persetujuan TikTok

2. Live Streaming

Live Streaming

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan live streaming untuk mendapatkan uang. Sebab melalui aktivitas itu, pengguna bisa mendapatkan gift yang dapat ditukarkan dengan uang. Seperti program lainnya, live streaming ini tidak bisa dinikmati oleh semua orang.

Ada sejumlah persyaratan yang memperbolehkan pengguna live streaming. Beberapa diantaranya seperti memiliki pengikut minimal sebanyak 1000 akun, berusia lebih dari 18 tahun, sudah memperbarui aplikasi TikTok, serta mengunduh dan menginstal camera Fi.

3. TikTok Shop

TikTok Shop

Cara mudah lainnya yang bisa diterapkan untuk pemula adalah berjualan produk atau jasa melalui TikTok Shop. Melalui cara ini, pengguna bahkan bisa mendapatkan penghasilan dua kali lipat. Ia bisa mendapatkan penghasilan dari produksi konten dan berjualan di TikTok Shop.

Untuk bisa mendaftar di TikTok Shop pun tidak mudah. Sebab pengguna harus merintis akunnya dari awal terlebih dahulu. Mengingat persyaratan yang diberlakukan TikTok bagi pengguna yang ingin bergabung dalam TikTok Shop adalah pengikut minimal sebanyak 2.000 akun.

Di samping itu, pengguna juga harus berusia minimal 18 tahun dan akun yang bersangkutan memiliki 50 penonton dari total video konten yang telah diproduksi dalam rentang waktu 28 hari terakhir. Terhitung ke belakang sejak pengguna mendaftarkan diri.

4. Rutin Menonton Video Kreator Lain

Rutin Menonton Video Kreator Lain

Tidak memiliki kemauan bergabung di TikTok Shop, apa masih bisa mendapatkan penghasilan? Lalu, cara dapat uang dari TikTok tanpa jualan bagaimana? Jawabannya adalah pengguna bisa rutin menonton video kreator lain. Tidak ada kriteria spesifik mengenai video apa yang harus ditonton.

Jadi, pengguna bebas memilih video apapun yang mereka sukai. Sistem kalkulasi penghasilan yang diterapkan oleh TikTok melalui cara ini menggunakan hitungan durasi waktu. Mulai dari 15 menit hingga 30 menit.

Setiap pengguna yang menonton video selama lima menit, bakal mendapatkan 2.000 koin. Bagi pengguna yang menonton video selama 15 menit nonstop, akan mendapatkan 7.000 koin. Sementara pengguna yang menonton selama 30 menit diberikan koin sebanyak 15.000.

5. Menyelesaikan Misi TikTok

Menyelesaikan Misi TikTok

Cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula juga bisa diwujudkan dengan menyelesaikan misi TikTok yang ada. Biasanya, ada berbagai misi yang harus diselesaikan oleh pengguna. Salah satunya adalah menonton video kreator lain yang nantinya akan dibayar juga dengan koin.

Apakah content creator TikTok dapat uang? Jawabannya adalah iya. Content creator mendapat uang dengan bergabung dalam program TikTok Creator Fund, TikTok Creator Marketplace, live streaming, TikTok Shop, rutin menonton video kreator lain, hingga menyelesaikan misi-misi TikTok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *