7 Cara Dapat Komisi dari TikTok Langsung Banjir Cuan

7 Cara Dapat Komisi dari TikTok Langsung Banjir Cuan

Tidak hanya sebagai tempat mengkreasikan konten atau berbagi informasi, TikTok juga bisa menjadi ladang uang jika penggunaannya dimaksimalkan. Sebab ada banyak cara dapat komisi dari TikTok langsung banjir cuan yang bisa dimanfaatkan.

Tentu hal tersebut tidak bisa didapatkan dengan cuma-cuma. Melainkan ada Langkah-langkah yang harus diikuti terlebih dahulu. Bahkan beberapa cara juga memiliki persyaratan dan kriteria tersendiri agar pengguna bisa bergabung dan mengikuti langkah-langkah selanjutnya.

Sementara itu, persyaratan utama agar bisa mendapatkan komisi atau uang dari TikTok tentunya harus memiliki akun TikTok terlebih dahulu. Setelah itu mendaftar dan membuat akun di dalamnya. Baru kemudian bisa mengoperasikan sesuai dengan apa yang dikehendaki.

Cara Dapat Komisi dari TikTok

Bagaimana cara mendapat komisi dari TikTok? Beberapa cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan uang dari aplikasi tersebut adalah dengan melakukan live streaming, bergabung dengan creator fund, berkolaborasi dengan sponsor brand, melakukan pemasaran afiliasi, menjadi influencer, menjadi admin TikTok, hingga berjualan akun.

1. Live Streaming

Live Streaming

Setiap pengguna TikTok, memungkinkan untuk mendapat koin dan mengirim hadiah kepada pengguna TikTok lainnya. Item-item tersebut bisa dikirim kepada pengguna yang sedang melakukan live streaming. Fitur live streaming itulah yang bisa dimanfaatkan untuk bisa mendapatkan uang.

Jika live streamingmu berhasil menarik perhatian penonton, kamu berkesempatan mendapat koin dan hadiah-hadiah tersebut. Setiap hadiah yang terkumpul bisa ditukarkan dengan berlian yang bisa dicairkan menjadi uang cash dan bisa dikirim langsung ke rekening pengguna.

Namun sayangnya, tidak semua orang bisa melakukan live streaming. Sebab TikTok hanya memberikan fitur tersebut kepada pengguna yang memiliki pengikut minimal 1.000. Pun setiap pengguna yang melakukan live streaming juga harus mematuhi peraturan yang berlaku.

2. Bergabung dengan Creator Fund

Bergabung dengan Creator Fund

Creator fund merupakan fasilitas berupa program yang dibuat oleh TikTok untuk mewadahi para pembuat konten agar bisa mendapatkan komisi dari konten-konten yang telah mereka buat. Sama dengan fitur live streaming, tidak semua orang bisa bergabung dalam Creator Fund.

Sebab TikTok memberlakukan persyaratan untuk itu. Salah satunya adalah followers pengguna sudah lebih dari 10.000. Semakin banyak pengguna yang mengikuti akunmu, semakin banyak pula jumlah penayangannya dan itu akan membuat penghasilanmu meningkat.

Penghasilan dalam program Creator Fund itu nantinya bakal dihitung dari penayangan per video. Setiap video yang ditonton oleh 1000 akun, pengguna bakal memperoleh dari Rp10.000 hingga Rp20.000. Untuk bisa meningkatkan penghasilan, kombinasikan dengan monetisasi.

3. Kolaborasi dengan Sponsor Brand

Kolaborasi dengan Sponsor Brand

Cara dapat komisi dari TikTok lainnya bisa dilakukan melalui kolaborasi dengan sponsor brand. Kolaborasi ini kurang lebih sama dengan membuat konten iklan. Ketika pengguna memiliki performa akun yang baik dan penonton setia, brand akan mensponsori konten-kontenmu.

Nantinya, produk atau layanan yang telah disponsori oleh brand harus ditampilkan dalam video tersebut. Berbeda dengan program afiliasi, perhitungan bayaran ini berdasarkan jumlah konten yang dibuat. Bukan berapa jumlah pembeli yang bisa dihasilkan.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu bisa menerima semua brand yang mengajukan kolaborasi. Namun harus tetap selektif dan disesuaikan dengan niche akunmu. Dengan begitu, penonton juga akan tetap mendapatkan apa yang mereka butuhkan melalui konten-konten tersebut.

4. Affiliate

Cara dapat komisi dari TikTok lainnya bisa diwujudkan melalui program affiliate. Afiliasi merupakan program yang popular di kalangan pengguna TikTok. Sebab program ini tidak memberikan banyak persyaratan untuk bisa bergabung. Dengan begitu, siapa saja bisa bergabung dalam program ini.

Sama seperti kolaborasi dengan sponsor brand, program ini juga mengharuskan pengguna membuat konten dan menempelkan tautan link produk atau layanan pada video. Bedanya, dalam program ini pengguna bisa memilih produk atau layanan yang kamu sukai.

Jadi, produk atau layanan tertentu tidak akan memintanya secara personal. Setiap ada pembelian dari klik tautan yang dibagikan, pengguna akan mendapatkan komisi tersendiri. Jadi, semakin banyak jumlah pengikut dan engagement akunmu, semakin banyak pula penghasilan yang didapatkan.

Dalam program afiliasi, ada tiga program yang bisa diikuti. Diantaranya seperti program toko, terbuka, dan bertarget. Pun dalam mendaftar program afiliasi, kamu bisa mendaftar sebagai penjual atau kreator. Berikut cara daftar TikTok affiliate sebagai penjual.

Klik ‘authorized’ untuk menyetujui persyaratan
  • Isi semua data yang diminta
  • Centang kolom pernyataan
  • Verifikasi KTP
  • Klik ‘simpan’ dan bukti registrasi akan dikirim ke email
  • Buka aplikasi TikTok
  • Pilih menu ‘pengaturan dan privasi
  • Klik ‘TikTok Shop
  • Tambahkan produk afiliasi
  • Pilih produk menggunakan link dari TikTok Shop
  • Cek komisi

Jika kamu seorang kreator dan ingin bergabung dalam program afiliasi ini pun juga bisa. Pengikut bakal semakin merasa diuntungkan jika kamu membagikan produk-produk yang mereka butuhkan. Baik melalui konten video maupun live streaming. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi TikTok
  • Buka ‘profile
  • Klik ikon garis tiga
  • Klik ‘creator tools
  • Klik ‘TikTok Shop
  • Klik ‘apply
Klik ‘apply’
  • Pilih produk yang ingin dipromosikan
  • Tautkan link produk dari e-commerce
  • Minta persetujuan seller
  • Tambahkan informasi kontak penjual dan produk ke menu ‘showcase

5. Menjadi Creator Marketplace

Menjadi Creator Marketplace

Sama seperti media sosial lainnya, TikTok juga memungkinkan penggunanya untuk bisa menjadi influencer. Influencer TikTok biasa dikenal dengan istilah creator marketplace. Jadi, para influencer tersebut berada di bawah pengelolaan atau naungan TikTok.

Ini bisa menjadi kesempatan buat kamu untuk mengkreasikan video sekaligus mendapat uang. Meskipun begitu, jumlah yang akan didapatkan tidak sepenuhnya 100 persen. Melainkan ada kalkulasi tertentu yang telah dibuat oleh pihak TikTok.

Sebelum melakukan pembayaran gaji, nantinya pihak TikTok bakal melakukan pertimbangan dan berkomunikasi dengan para kreator. Jika telah dicapai kesepakatan antara kedua belah pihak, baru konten-konten yang akan dibuat dibagikan kepada masing-masing kreator.

6. Menjadi Konsultan TikTok

Menjadi Konsultan TikTok

Jika kamu mengerti tentang seluk beluk TikTok dan sukses membangun akunnya, kamu bisa menjadi konsultan TikTok dengan menawarkan jasa konsultasi hingga membuka kelas-kelas membangun TikTok. Penawaran-penawaran itu bisa kamu pasarkan melalui video TikTok dari akunmu sendiri.

Ini merupakan sesuatu hal yang banyak dicari oleh pelaku bisnis yang memiliki target pasar di TikTok. Sebab kesuksesan akun TikTok bisa meningkatkan engagement, penjualan produk, hingga jumlah viewers. Setelah itu, kamu bisa meminta testimoni mereka untuk menumbuhkan minat klien.

7. Berjualan Barang

Berjualan Barang

TikTok juga memiliki program TikTok Shop yang bisa dimanfaatkan oleh para kreator atau pebisnis untuk mendistribusikan barang dagangannya. Konsumen akan semakin mudah menemukan barang yang sedang mereka butuhkan dengan penayangan iklan video.

Apabila cocok, barang tersebut bisa langsung dicheckout melalui aplikasi itu juga. Tenang saja, hasil penjualan yang telah kamu dapatkan tidak akan terpotong oleh pajak TikTok. Melainkan penjual akan mendapatkan penghasilan itu 100 persen.

TikTok bukan sekadar aplikasi pembuat konten saja. Melainkan, aplikasi tersebut juga termasuk media sosial yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk bisa mendapat penghasilan tambahan dari sana. Ada banyak cara dapat komisi dari TikTok yang bisa kamu lakukan.

Mulai dari melakukan live streaming, bergabung dengan creator fund, berkolaborasi dengan sponsor brand, bergabung dengan program affiliate, menjadi creator marketplace atau influencer, menjadi konsultan TikTok, hingga berjualan produk sendiri di TikTok Shop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *