Cara Melihat Insight TikTok di HP dan PC untuk Bisnis

Cara Melihat Insight TikTok, Fitur Analitik Penuh Manfaat

Fitur analitik milik aplikasi TikTok yang disebut “Insight” ini memiliki banyak manfaat bagi para pengguna aplikasi ini. Khususnya bagi mereka yang menggunakan platform ini secara serius, misalnya untuk bisnis. Cara melihat insight TikTok memang disediakan bagi para pelaku bisnis dan para profesional.

Seperti juga pada beberapa platform media sosial lainnya, TikTok juga dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk berbagai keperluan. Mulai dari sekedar bersenang-senang membuat video lucu, menunjukkan bakat, memberikan tutorial atau berbagai informasi lain yang berguna.

Tentunya setiap kreator konten ingin agar video yang dibuatnya disukai dan banyak penontonnya. Dengan begitu bisa jadi pendorong untuk membuat konten lain yang lebih baik. Data yang dihasilkan dari fitur analitik “insight” ini bisa menjadi salah satu sumber untuk membuat rencana ke masa depan.

Sekilas Tentang Fitur “Insight” TikTok

Sekilas Tentang Fitur “Insight” TikTok

Fitur analitik ini memberikan berbagai data dan statistik atas kinerja akun pengguna tersebut. Misalnya berapa banyak penonton video yang diunggah, siapa saja yang menontonnya, termasuk juga “engagement rate” atau tingkat interaksi penonton pada video tersebut.

Seperti berapa kali video ditonton, jumlah penonton, jumlah “like”, berapa banyak komentar dan berapa banyak video dibagikan (share). Juga bisa melihat pertumbuhan jumlah pengikut (follower), tagar (hashtag) yang paling banyak digunakan, bahkan demografis penonton.

Semua hal tersebut penting maknanya bagi mereka yang menggunakan akun TikTok miliknya sebagai sarana bisnis. Misalnya untuk pemasaran produk atau jasa yang dimilikinya. Dengan begitu bisa meningkatkan kinerja pemasaran yang lebih baik.

Karena memang banyak manfaatnya secara teknis, maka cara melihat insight TikTok ini hanya bisa diakses oleh akun TikTok yang “Profesional” (Pro) dan akun “Bisnis.” Jika akun pengguna umum, maka harus beralih dulu ke status Pro atau Bisnis agar bisa memanfaatkan fitur ini.

Cara Mengubah Akun Menjadi Profesional

Seperti disebutkan di atas, untuk dapat memanfaatkan fitur “Insight” pada aplikasi TikTok ini, maka akun yang biasa (reguler) harus diubah dulu menjadi akun “Profesional” atau akun “Bisnis”. Lakukan langkah berikut untuk mengubahnya:

  • Masuk ke aplikasi TikTok dan lakukan login seperti biasa.
  • Lalu pilih menu “Profil” lanjutkan dengan memilih opsi “Privasi dan Pengaturan
  • Lanjutkan dengan memilih “Kelola Akun Saya
  • Pilih opsi “Beralih ke Akun Pro”. Nanti akan diberikan dua pilihan tipe akun yaitu “Creator” atau “Business”. Pilih salah satu yang sesuai lalu tekan tombol “Next” (berikutnya)
Pilih opsi “Beralih ke Akun Pro”. Nanti akan diberikan dua pilihan tipe akun yaitu “Creator” atau “Business”. Pilih salah satu yang sesuai lalu tekan tombol “Next” (berikutnya)
  • Tentukan kategori yang diinginkan lalu tekan “Next”
  • Tentukan jenis kelamin (Gender) lalu tekan “Done” (selesai).
  • Akun telah berubah menjadi akun Pro.

Cara Melihat Insight TikTok di HP

Setelah memiliki akun Pro atau Bisnis, sekarang pemilik akun sudah bisa memanfaatkan fitur “Insight” yang disediakan oleh aplikasi TikTok secara maksimal. Lakukan langkah berikut untuk membuat fitur ini dari HP yang digunakan:

  • Login ke akun TikTok pribadi lalu tekan ikon “Profil” di bagian bawah layar
  • Lanjutkan dengan menekan ikon “titik tiga” (atau garis tiga) dan nanti akan dimunculkan berbagai menu yang ada.
  • Pilih menu “Creator” atau “Bisnis” tergantung pilihan yang dibuat saat beralih ke akun Pro.
Pilih menu “Creator” atau “Bisnis” tergantung pilihan yang dibuat saat beralih ke akun Pro.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi “Insight”.

Dalam opsi analisis ini nanti akan diperlihatkan banyak data yang terkait dengan akun tersebut. Data dan statistik inilah yang merupakan data penting bagi para profesional dan bisnis. Data tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan konten agar lebih baik lagi kinerjanya.

Cara Melihat Insight TikTok di PC

Jika cara pertama di atas tadi dilakukan melalui HP atau perangkat mobile lainnya, cara berikut ini dilakukan melalui situs web TikTok. Caranya adalah dengan menggunakan PC atau laptop dan masuk melalui browser yang biasa digunakan. Ikuti langkahnya di bawah ini:

  • Buka browser (misalnya Google Chrome) lalu ke situs TikTok di www.tiktok.com.
  • Login ke akun pribadi lalu klik ikon “Profile
  • Dari menu yang dimunculkan (dropdown) pilih opsi “Analytics
Dari menu yang dimunculkan (dropdown) pilih opsi “Analytics”

Dari opsi inilah semua data dan statistik yang dibutuhkan untuk digunakan sebagai informasi analisis akun bisa diperoleh. Statistik yang diberikan bisa mencakup waktu mulai 7 hari hingga 90 hari terakhir. Sehingga bisa dilihat segala perkembangan dan kinerja selama periode tertentu.

Manfaat Melihat Insight TikTok

Manfaat Melihat Insight TikTok

Setelah mengetahui cara melihat insight TikTok dapat dipahami bahwa data informasi statistik yang diberikan oleh fitur ini memang memiliki banyak manfaat penting. Khususnya bagi pemilik akun profesional dan pelaku bisnis. Seperti penjelasan di bawah ini:

1. Melihat “Engagement Rate”

Tingkat interaksi ini penting bagi pemilik akun karena bisa melihat reaksi penonton terhadap video atau konten yang diunggah. Interaksi ini terlihat dari jumlah penonton (reach atau jangkauan), “like” (suka), “share” (berbagi) dan jumlah komentar serta isi komentar pada umumnya.

Dari data tersebut akan terlihat konten seperti apa yang disukai penonton, cara penyajian terbaik agar mudah dipahami, serta strategi seperti apa yang paling berhasil. Ini penting untuk akun-akun bisnis karena bisa berdampak pada keberhasilan bisnis yang sedang dikembangkan.

Engagement rate ini mampu meningkatkan pengenalan orang lain terhadap usaha yang sedang dikembangkan. Sangat bagus untuk sarana pemasaran dan mengenalkan produk atau jasa pada masyarakat banyak.

2. Memahami “Audience”

Penonton (audiens) memegang peranan penting dalam setiap video atau konten yang diunggah. Karena mereka adalah sasaran pemasaran atau bisnis yang dibangun dan dikembangkan oleh pemilik akun. Jadi pembuatan konten juga harus disesuaikan agar pesan yang ingin disampaikan bisa dimengerti.

Termasuk juga melihat tren yang berkembang di masyarakat saat ini. Sehingga pemilik akun bisa menyesuaikan konten yang dibuatnya agar bisa menarik perhatian para pengguna aplikasi untuk menonton video yang dibuat dan diunggah.

Misalnya dengan menyesuaikan tampilan konten, menggunakan lagu yang sedang banyak disukai, atau banyak detail lain yang disesuaikan dengan tren yang ada saat ini. Sehingga saat konten atau video diunggah, video tersebut bisa menarik perhatian banyak penonton dan tinggi interaksinya.

3. Peningkatan Kinerja

Dari melihat insight TikTok, dapat diperoleh berbagai data dan informasi berharga tentang akun pengguna selama ini. Semuanya bisa dijadikan bahan evaluasi atas kinerja akun selama ini. Dengan begitu bisa melakukan peningkatan kinerja dengan memperhatikan konten yang dibuat.

Sehingga video yang dibuat selalu menarik perhatian, banyak penonton, tinggi tingkat interaksinya yang akhirnya membuat akun tersebut memiliki kredibilitas yang baik. Biasanya ini akan berdampak pada meningkatnya jumlah pengikut (follower) dan interaksinya.

Mengetahui cara melihat insight TikTok memang memberikan dampak positif bagi pemilik akun. Karena bisa dijadikan dasar analisis dan evaluasi atas kinerja akun serta konten video yang dibuat selama ini. Tujuannya tentu saja agar dapat meningkatkan kinerja akun di masa mendatang.

Bagi akun profesional dan bisnis, hal ini penting untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan kredibilitas usaha mereka. Dengan jumlah penonton dan interaksi yang tinggi, maka bisnis akan makin dikenal lebih banyak orang dan bisa dikembangkan secara lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *