Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan

Selain sebagai media hiburan, TikTok juga menjadi platform e-commerce populer yang menjadi tempat favorit bagi banyak orang untuk berbelanja secara online. Termasuk kamu, bukan? Namun, terkadang situasi tak terduga memaksa kamu untuk ingin tahu cara membatalkan pesanan di TikTok yang sudah menunggu penjemputan. 

Jika kamu belum tahu, artikel ini akan membahas secara detail tentang cara membatalkan pesanan di aplikasi TikTok saat statusnya sudah menunggu penjemputan oleh kurir ekspedisi. Penasaran? Simak artikelnya sampai selesai, ya!

Sekilas Tentang TikTok Shop

TikTok Shop adalah sebuah e-commerce di mana penjual bisa langsung menawarkan barangnya ke pengguna TikTok. Baik penjual maupun kreator bisa jualan produk lewat video di feed, siaran langsung (live), atau katalog.

Sistemnya sebenarnya mirip seperti e-commerce biasa, penjual terima pesanan, dan mereka harus selesaikan transaksi dengan pembeli. Setelah itu, pembeli juga bisa lacak barang yang mereka beli.

Hanya saja, uniknya kamu tidak wajib punya barang untuk jualan di TikTok Shop. Kamu bisa jadi TikTok Affiliate dengan membagikan link produk di video pendekmu atau katalog. Dengan begitu, kamu akan dapat komisi setiap kali ada yang beli lewat link yang kamu share.

Syarat Membatalkan Pesanan di TikTok 

Sebelum kamu tahu cara membatalkan Pesanan di TikTok yang sudah menunggu penjemputan, kamu harus tahu bahwa ada beberapa persyaratan yang harus kamu perhatikan, diantaranya adalah:

1. Memiliki Akun TikTok yang Bisa Diakses

Persyaratan pertama adalah pastikan kamu bisa mengakses akun TikTok yang digunakan saat melakukan pemesanan. Sebab, pembatalan pesanan harus dilakukan melalui aplikasi TikTok, jadi akses ke akunnya sangat penting.

2. Pesanan Sudah Dibuat

Selanjutnya, agar bisa membatalkan pesanan di TikTok, kamu harus sudah membuat pesanan dalam aplikasi TikTok. Jika tidak ada pesanan yang dibuat, maka tidak akan mungkin untuk melakukan pembatalan.

3. Komunikasi dengan Penjual

Persyaratan terakhir adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan penjual melalui fitur chat dengan penjual. Beberapa toko di TikTok mungkin mengharuskan kamu untuk berkomunikasi dengan penjual sebelum melakukan pembatalan pesanan..

3 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan 

Nah, sekarang kamu sudah tahu syarat membatalkan pesanan di TikTok. Setelah itu, kamu baru bisa mengaplikasikan cara membatalkan pesanan di TikTok yang sudah menunggu penjemputan agar tidak jadi dikirim. Berikut caranya:

1. Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan Tapi Belum Terbayar 

Jika kamu memiliki pesanan yang sudah mencapai tahap penjemputan di TikTok namun belum melakukan pembayaran, berikut langkah-langkah untuk membatalkan pesanan tersebut:

  1. Mulailah dengan membuka aplikasi TikTok di smartphone kamu.
  2. Selanjutnya, akses menu Profil dalam aplikasi TikTok.
  3. Ketuk ikon tiga garis yang berada di sudut kanan atas layar. 
  4. Lalu, pilih menu “Setting and privacy”. Setelah itu, pilih menu “Your order” untuk masuk ke halaman Order center.
  5. Pilih menu Orders yang ada di pojok kanan atas. Kamu akan melihat berbagai tab menu pesanan, mulai dari “All”, “Unpaid”, “To Ship”, “Shipped”, “To Review”, dan “Returns”.
  6. Kamu pilih tab “All”, lalu pilih produk yang ingin kamu batalkan.
  7. Cari opsi “Cancel” pada daftar pesanan yang menunggu pembayaran.
  8. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memberikan alasan pembatalan pesanan pada kolom “Tell us why you canceled”.
  9. Akhiri dengan mengklik tombol “Submit”.
  10. Setelah berhasil membatalkan pesanan, kamu akan menerima notifikasi yang mengkonfirmasi pembatalan yang telah kamu lakukan.

2. Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan Sudah Terbayar

Jika kamu telah membayar pesanan dan ingin membatalkannya meskipun sudah dalam proses penjemputan, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi TikTok, lalu pilih menu “Profil”.
  2. Klik ikon tiga garis yang berada di sisi kanan atas layar. Kemudan pilih opsi “Pengaturan dan Privasi” atau “Settings and Privacy.
Langkah 1 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan
  1. Pilih menu “Pesanan” atau “Orders”.
Langkah 2 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan
  1. Di tab “All”, pilih produk yang telah dibayar.
Langkah 3 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan
  1. Di bagian kanan bawah, pilih menu “Batalkan Pesanan.”
Langkah 4 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan
  1. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke menu “Pengembalian Uang.” atau “Refund” .
  2. Isi alasan mengapa kamu ingin membatalkan pesanan, lalu klik “Kirimkan” atau “Submit”.
Langkah 5 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan
  1. Tunggu sampai penjual menyetujui proses pembatalan, dan kamu akan menerima notifikasi persetujuan.

3. Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan Sistem COD

Jika kamu telah memesan barang di TikTok dengan metode pembayaran COD (Cash on Delivery) dan ingin membatalkan pesanan. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sama seperti saat membatalkan pesanan yang belum terbayar. Namun hubungi penjual juga, agar mereka tidak jadi mengemas barang ya!

Apakah Ada Sistem Refund Setelah Pembatalan Pesanan?

Banyak pengguna yang sudah memesan barang merasa ragu untuk membatalkan pesanan yang sudah mereka pesan. Mereka khawatir bahwa uang yang telah mereka bayarkan tidak akan kembali setelah pembatalan pesanan di TikTok.

Namun, tidak perlu khawatir. Saat kamu membatalkan pesanan dan mendapatkan persetujuan dari TikTok Shop, biasanya pesananmu akan otomatis batal, dan uangmu akan kembali atau refund sesuai dengan prosedur yang berlaku di TikTok.

Tips Menghindari Kesalahan Ketika Berbelanja di TikTok

Selain membahas cara membatalkan pesanan di TikTok yang sudah menunggu penjemputan, kami juga akan memberikan beberapa tips agar kamu tidak salah dalam berbelanja sehingga pembatalan pesanan dapat kamu minimalisir. Berikut ini tipsnya:

1. Periksa Deskripsi Produk

Sebelum melakukan pemesanan di TikTok, sangat penting untuk membaca deskripsi produk dengan seksama. Sebab, gambar atau video yang terlihat di toko mungkin tidak selalu mencerminkan kondisi sebenarnya. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk membaca deskripsi produk sebelum memproses pesanan.

2. Tinjau Ulasan Pelanggan

Untuk menghindari kesalahan saat berbelanja di TikTok, sangat kami sarankan untuk membaca ulasan dari pelanggan sebelumnya. Ulasan ini bisa memberikan wawasan tentang pengalaman pembeli lainnya dan membantu kamu memutuskan keaslian barang yang akan kamu beli.

3. Hubungi Penjual

Untuk mendapatkan informasi lebih rinci tentang produk yang ingin kamu beli, sebaiknya kamu menghubungi penjual. Kamu bisa bertanya tentang stok, kelebihan, kekurangan, atau informasi pengiriman produk.

4. Perhatikan Kebijakan Pengiriman

Setiap toko biasanya memiliki kebijakan pengiriman yang berbeda, salah satunya adalah waktu pengiriman barang. Pastikan kamu memahami kebijakan toko terkait pengiriman, seperti batas waktu pengiriman yang seringkali ditetapkan oleh toko.

5. Fokus pada Fungsi

Terakhir, utamakan fungsionalitas barang yang akan kamu pesan. Hindari memesan barang hanya karena iseng tanpa alasan yang jelas. Hal ini dapat menghindari perasaan ragu dan kemungkinan pembatalan pesanan yang tidak kamu inginkan.

Sudah Tahu Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan?

Itulah informasi mengenai cara membatalkan pesanan di TikTok yang sudah menunggu penjemputan. Belanja online memang sangat populer saat ini, jadi penting untuk memilih toko resmi yang terpercaya untuk memastikan kualitas barang yang kamu pesan sehingga bisa menghindari pembatalan pesanan berulang.Pasalnya, kejadian ini bisa membuat akun TikTok kamu di banned. Makanya, kamu juga bisa membaca panduan cara menghindari kesalahan saat berbelanja di TikTok sehingga kamu tidak perlu lagi membatalkan pesanan yang sudah mencapai tahap penjemputan setelah ini. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *