Cara Memunculkan Keranjang Kuning di Tiktok dengan Mudah

Cara Memunculkan Keranjang Kuning di Tiktok dengan Mudah

TikTok adalah platform media sosial yang sangat populer. Salah satu fitur baru yang diperkenalkan TikTok adalah keranjang kuning. Keranjang kuning sendiri adalah fitur yang memungkinkan pengguna menambahkan tautan produk ke video mereka. Lantas, gimana sih cara memunculkan keranjang kuning di TikTok? Simak di sini!

Fungsi Keranjang Kuning TikTok

Sebelum kamu tahu lebih lanjut gimana cara memunculkan keranjang kuning di TikTok, mari kenali fungsi keranjang kuning itu sendiri lebih dulu. Keranjang kuning di TikTok adalah fitur belanja pagi para pengguna agar lebih mudah dalam menjual produk mereka. Berikut ini beberapa fungsi keranjang kuning yang lebuh lengkap:

1. Memudahkan Pembelian Produk

Dengan adanya keranjang kuning, pengguna atau calon pembeli bisa beli produk langsung dari video TikTok tanpa harus keluar dari aplikasi. 

Nah, ini akan memudahkan mereka buat beli produk yang disukai. Umumnya, TikTok juga bakal punya algoritma untuk memunculkan ketertarikan produk sesuai keinginan. Hal tersebut akan bantu kamu mendapat lebih banyak audiens.

2. Meningkatkan Penjualan

Waktu menambahkan tautan produk ke video TikTok dan pakai keranjang kuning, kamu bisa tingkatkan penjualan produk. 

Kamu bisa mempromosikan produk melalui video TikTok dan menambahkan tautan produk ke video tersebut. Sehingga pengguna atau audiens bisa melihat produk dengan lebih mudah dan membelinya secara langsung tanpa menunda.

3. Sumber Pendapatan Baru

Keranjang kuning juga dapat jadi sumber pendapatan baru bagi penggunanya. Jadi, kamu nggak cuma bisa mengandalkan marketplace atau e-commerce lain yang sudah punya banyak pesaing. 

Karena kamu bisa pakai media sosial satu ini untuk berpromosi sekaligus jualan dengan lebih cepat dan praktis. Apalagi pengguna TikTok sangat banyak di Indonesia. Peluang engagement tinggi tentu bakal ada di depan mata. Tentu saja, hal ini akan bantu kamu buat dapat penghasilan tambahan.

Cara Memunculkan Keranjang Kuning di Tiktok

Setelah tahu apa saja fungsi dan keuntungan dari adanya fitur keranjang pada media sosial Tiktok. Maka, selanjutnya kamu bisa pelajari gimana cara tambahkan keranjang kuning. Mari simak tahapannya berikut ini:

1. Gabung Jadi Tiktok Affiliate

Biar bisa pakai keranjang kuning, kamu harus bergabung dengan Tiktok Affiliate lebih dulu. Nah, berikut ini adalah cara mudah untuk bergabung dengan Tiktok Affiliate:

  • Buka tautan seller-id.tiktok.com/account/welcome.
  • Daftar dan lengkapi seluruh petunjuk yang diperintahkan hingga berhasil.
  • Tambahkan produk di akun Tiktok Shop yang sudah kamu buat.

2. Buat Video atau Konten Tiktok

Image Source: Devi Ananda Official

Setelah tergabung ke Tiktok Affiliate, cara memunculkan keranjang kuning di TikTok adalah buat video TikTok seperti biasa. Pastikan buat menambahkan tautan produk ke video. Nah, kamu bisa menambahkan tautan produk dengan mengetuk ikon keranjang kuning di bagian bawah layar saat membuat video.

Buatlah konten atau video Tiktok sekreatif mungkin dengan mempertimbangkan berbagai trend yang lagi viral sekarang. Jadi, video kamu bakal dapat respon dari banyak pengguna.

3. Klik Ikon Tambah Tautan

Image Source: Devi Ananda Official

Setelah buat video konten dan mengeditnya dengan baik, di bagian bawah kolom deskripsi ada ikon tambah tautan. Kamu bisa coba klik ikon tersebut. Nantinya, akan muncul dua pilihan tautan, yaitu ikon produk dan ikon mini game. Klik ikon produk buat nambahin produk yang akan kamu jual.

4. Pilih Produk yang Sesuai 

Image Source: Devi Ananda Official

Selanjutnya, kamu bisa pilih produk dari koleksi produk yang sudah ditambahkan sebelumnya. Pastikan produk yang kamu pilih susah sesuai dan jumlah stok produk masih dalam kategori aman.

5. Beri Nama Produk

Image Source: Devi Ananda Official

Nama produk adalah salah satu hal yang penting dalam Tiktok Shop. Karena biasanya mengandung clickbait yang bakal mengundang orang buat beli. Jadi, salah satu langkah dalam cara memunculkan keranjang kuning di TikTok adalah beri nama sekreatif dan semenarik mungkin biar banyak pembeli tertarik.

6. Tambahkan Lebih Banyak Produk dari Toko Berbeda

Image Source: Devi Ananda Official

Nah, kalau bukan seorang penjual, melainkan seorang influencer, kamu bisa tambah lebih banyak tautan produk dari toko lain dengan cara klik ikon tambah lebih banyak produk pada bagian bawah layar. Lalu, kamu bisa pilih sumber produknya.

Cara Meningkatkan Penjualan di Tiktok 

Selain menerapkan cara memunculkan keranjang kuning di Tiktok, kamu juga harus lakukan beberapa kiat tertentu buat penjualan produk meningkat secara signifikan. Apa aja sih kiatnya? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Buat Konten yang Menarik

Buat konten video TikTok yang menarik dan kreatif buat promosikan produk kamu. Pastikan konten sudah sesuai dengan target audiens dan mampu menarik perhatian mereka. Ingat! Membuat video yang original juga sangat penting.

Pastikan kamu tetap update terhadap trend video Tiktok yang paling terkini dan viral. Nantinya, trend tersebut bisa kamu pakai dan hubungkan untuk menjual produk.

2. Pakai Hashtag

Pakai hashtag yang sesuai dengan produk juga berguna buat memperluas jangkauan konten. Hashtag bakal bantu audiens TikTok menemukan konten lebih mudah. Namun, kamu sebaiknya nggak pakai hashtag terlalu banyak. Setidak 3 sampai 5 hashtag saja sudah cukup untuk satu video konten.

Coba pilih hashtag yang paling relevan dan punya penayangan paling banyak. Jumlah penayangan hashtag ini bisa kamu lihat waktu mengetikkan tagar tersebut di kolom deskripsi video. 

3. Sering Berinteraksi dengan Pengguna

Interaksi dengan pengguna TikTok bisa bantu meningkatkan penjualan produk. Pastikan untuk membalas komentar dan menjawab pertanyaan audiens soal produk. Lakukan interaksi ini sesering mungkin, ya. 

Setelah mengetahui cara memunculkan keranjang kuning di Tiktok, maka sesekali kamu juga bisa melakukan siaran langsung agar lebih interaktif. Sebab, keranjang tersebut juga bisa muncul waktu live asalkan kamu punya koneksi stabil.

4. Promosi ke Media Sosial Lain

Melakukan promosi lewat media sosial lain juga bisa meningkatkan jangkauan konsumen, lho. Kamu bisa pakai media sosial seperti Instagram, Youtube, Facebook, hingga Twitter (X). Cantumkan saja link produk ke bio media sosial lain secara lengkap. Gunakan juga fitur story atau shorts yang tersedia.

5. Pakai Audio Viral

Selain memakai hashtag, audio viral juga ampuh untuk meningkatkan engagement. Ini akan bantu kamu menjangkau lebih banyak konsumen. Kamu bisa cari musik atau audio apa saja yang sedang banyak orang pakai dan pasang di video konten milik kamu. Dijamin, ini akan meningkatkan traffic konten secara signifikan.

Sudah Tahu Cara Memunculkan Keranjang Kuning di Tiktok?

Nah, itu dia langkah-langkah buat memunculkan keranjang kuning di media sosial TikTok. Cukup mudah, bukan? Meski gampang, ternyata ada beberapa kendala yang juga sering terjadi, yaitu keranjang kuning tidak muncul-muncul. Kalau ini juga kamu alami, maka ada beberapa faktor yang bisa jadi penyebabnya.

Umumnya, kamu mungkin belum melakukan update aplikasi. Karena itu, kamu bisa coba perbarui lewat Playstore atau AppStore. Pastikan juga akun kamu sudah jadi akun bisnis. Membersihkan cache aplikasi juga bisa kamu coba karena bisa saja hal ini menyebabkan bug. Terakhir, pastikan semua syarat sudah kamu penuhi, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *