3 Cara Menjual Produk Orang Lain di TikTok Shop, Agar Cepat Laku

3 Cara Menjual Produk Orang Lain di TikTok

Seperti yang kita ketahui bersama, TikTok saat ini juga menjadi salah satu pusat belanja daring di dunia digital. Hal ini tentu memberikan keuntungan dan manfaat bagi banyak orang, karena mereka bisa mendapat penghasilan. Cara menjual produk orang lain di TikTok atau produk sendiri pun mudah.

Memungkinkan setiap orang bisa menjadi entrepreneur dan memunculkan pebisnis-pebisnis baru. Namun sayangnya, pengetahuan terhadap teknologi ini tampaknya belum semerata yang kita kira. Sebab masih banyak bisnis-bisnis lain yang tergerus karena belanja daring.

Alhasil, pemasaran produk mereka kalah saing dengan produk yang dipasarkan melalui media digital. Padahal, teknologi-teknologi canggih yang hadir saat ini mampu membawa produk atau brand tertentu melesat lebih luas lagi.

Cara Menjual Produk Orang Lain di TikTok

Dalam aplikasinya, developer TikTok membuat fitur TikTok Shop sebagai media yang bisa digunakan pengguna untuk berbelanja secara daring. Pun setiap pengguna juga berkesempatan menjadi seller. Baik itu menjual produknya sendiri atau produk orang lain.

Bagi sebagian orang yang baru masuk ke dunia bisnis, menjual produk sendiri mungkin bakal sedikit rumit. Sebab ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak memiliki kesempatan untuk berjualan seperti yang lainnya.

Kamu bisa menjual produk orang lain di TikTok dengan sistem apapun. Seperti halnya menjadi reseller, menyetok barang sedikit dengan pembelian barang grosir, dan lain sebagainya. Lalu, pemasarannya di TikTok bagaimana? Berikut cara menjual produk orang lain di TikTok.

1. Melalui TikTok Shop

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjual produk orang lain di TikTok adalah dengan mendaftarkan diri di TikTok Shop. Melalui program ini, kamu berkesempatan untuk membuat nama tokomu sendiri. Meskipun produk yang dijual masih disuplai oleh orang lain.

Isi data diri secara lengkap dan benar
  • Verifikasi data diri
  • Pilih tipe bisnis
  • Lengkapi informasi toko
  • Unggah dokumen-dokumen yang diperlukan
  • Tunggu akun diverifikasi
  • Tambahkan produk ke etalase
  • Unggah foto, video, deskripsi, kategori, brand, dan lain sebagainya
  • Hubungkan rekening bank ke akun TikTok Shop

2. Melalui TikTok Affiliate

Ingin menjual barang orang lain tetapi tidak ingin terlibat dalam transaksi dan stok-menyetok barang? Bisa. Menjual dalam konteks ini, bukan berarti kamu harus mengurus semua transaksi mulai dari pengambilan barang dari supplier hingga mengurus transaksi dengan pembeli.

Melainkan, menjual dalam konteks ini bisa juga diartikan sebagai mempromosikan produk atau layanan yang dimiliki oleh orang lain. Cara menjual produk orang lain di TikTok itu bisa diwujudkan dengan daftar dan bergabung dalam TikTok Affiliate.

TikTok affiliate itu apa? Yaitu, sebuah program yang memungkinkan setiap pengguna berkolaborasi dengan seller dari TikTok Shop agar pemasarannya menjadi luas lagi. Dalam hal ini, pengguna bertugas untuk membuat video konten terkait produk yang mereka promosikan. Berikut langkah-langkah pendaftarannya.

  • Buka aplikasi TikTok
  • Klik ‘akun saya
  • Buka ikon keranjang
  • Klik ikon toko pada menu ‘pusat creator e-commerce’
  • Klik ‘komisi’ pada menu yang sama
Klik ‘komisi’ pada menu yang sama
  • Klik ‘konfirmasi
  • Jika pendaftaran di setujui, notifikasi yang muncul adalah ‘congratulation
  • Pilih barang yang ingin dipromosikan dan kirim permintaan
  • Jika permintaan disetujui, notifikasi yang muncul adalah ‘ACC’

3. Melalui Live Streaming

Melalui Live Streaming

Jika pemilik brand bisa menjual produk dagangannya sendiri di TikTok Shop, pengguna yang tergabung dalam TikTok Affiliate memasarkan produk melalui konten video, influencer atau pengguna biasa bisa menjual produk orang lain melalui fitur live streaming.

Bagi kamu yang memiliki pengikut lebih dari 1000, tentu hal ini layak untuk dimanfaatkan untuk menolong orang lain. Sebab yang bisa menggunakan fitur tersebut hanyalah akun dengan pengikut lebih dari 1000 dan sudah berumur minimal 16 tahun.

Melalui live streaming itu, kamu bisa mempromosikan produk-produk sesuai dengan niche akunmu untuk menjaring konsumen lebih banyak. Gunakan kata-kata yang memiliki power dan bisa membuat penonton tertarik untuk membelinya.

Keuntungan Berjualan di Aplikasi TikTok

Hingga saat ini, sudah beratus-ratus pebisnis yang bergabung dalam aplikasi TikTok Shop untuk memasarkan produk atau barangnya. Sebab aplikasi ini menawarkan berbagai keuntungan. Baik dari sisi konsumen maupun dari sisi seller.

1. Menyediakan Gratis Ongkir dan Promo

Menyediakan Gratis Ongkir dan Promo

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan oleh seller adalah TikTok menyediakan gratis ongkir dan promo untuk setiap konsumen. Jadi, penjual tidak perlu lagi mengatur, mengkalkulasi, dan menyesuaikan gratis ongkir maupun promo dengan barang yang sedang mereka distribusikan.

Melainkan, mereka hanya perlu fokus dengan perkembangan produk, perkembangan akun, dan sering-sering membangun interaksi dengan konsumen. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan konsumen lebih banyak dari seluruh penjuru dunia.

2. Menyediakan Voucher untuk Pelanggan

Menyediakan Voucher untuk Pelanggan

Tidak hanya gratis ongkir dan promo, TikTok bahkan juga menyediakan voucher untuk pelanggan. Jenis-jenis voucher itu pun bermacam-macam. Seperti voucher gratis ongkir hingga potongan harga mulai dari Rp5.000 hingga Rp120.000.

Meskipun begitu, hal tersebut tidak bisa dipakai secara cuma-cuma. Ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang berlaku untuk setiap voucher yang dimiliki oleh konsumen. Persyaratan dan ketentuan itu terkadang seperti minimal belanja.

3. Menambah Audiens Toko

Menambah Audiens Toko

Jika kamu memiliki lapak jualan secara fisik atau di media sosial lain, mengembangkan pasar di TikTok tentu menjadi pilihan yang tepat. Sebab hal ini akan memperluas pasar dan menambah audiens tokomu.

Jika tidak ingin mendaftar TikTok Shop, pemasaran melalui video juga bisa dilakukan dengan cara membuat akun TikTok atas namamu. Setelah itu, buat konten sebanyak mungkin dengan menyisipkan produk-produk yang kamu jual.

Sertakan juga cara pembelian pada video maupun kolom deskripsi secara terperinci. Salin tempel link website sebagai petunjuk dimana konsumen bisa membeli produk tersebut. Pun kamu juga bisa menambah akun toko media sosial lainnya di bagian bio akun.

4. Ada Banyak Pengguna Aktif

Ada Banyak Pengguna Aktif

Penjual-penjual yang mulai merambah pemasaran melalui media sosial termasuk TikTok, dikarenakan banyak pengguna aktif yang selalu meningkat dari hari ke hari. Terlebih masyarakat saat ini juga menyukai hal-hal yang serba instan dan cepat.

Mereka cenderung memilih kemudahan-kemudahan yang ada untuk mengurangi beban dalam hidupnya. Oleh karena itu mereka memilih situs belanja daring yang pemilihan produknya bisa dilakukan dengan santai, transaksinya bisa dilakukan jarak jauh, dan dikirim langsung ke rumah.

5. Transaksi Terjamin Aman

Transaksi Terjamin Aman

Meskipun melibatkan teknologi digital, transaksi di TikTok sudah terjamin keamanannya. Terbukti dari adanya peningkatan seller dari hari ke hari yang mempercayakan pemasarannya melalui aplikasi TikTok. Dengan begitu, konsumen bisa melakukan pembayaran secara aman.

Sebab seller pasti akan menerima orderan mereka, menggarapnya sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan oleh sistem, dan mengirimkannya ke konsumen. Jika konsumen telah memverifikasi kedatangan barangnya, maka seller bisa menerima penghasilannya.

Ingin berjualan produk orang lain di TikTok tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Cara menjual produk orang lain di TikTok bisa dilakukan dengan mendaftar di TikTok Shop, bergabung menjadi TikTok Affiliate, atau melakukan live streaming melalui akun pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *