Cara Retur Barang di TikTok Shop Saat Pesanan Tidak Sesuai

Cara Retur Barang di TikTok Shop Saat Pesanan Tidak Sesuai

Ada kalanya barang yang kamu beli secara online mungkin tidak sesuai dengan harapan, termasuk saat berbelanja di TikTok Shop. Tapi untungnya sekarang TikTok juga menyediakan cara bagi penggunanya untuk mengajukan retur barang di TikTok Shop jika memerlukan pengembalian dana atau pengiriman barang yang benar.

Apalagi saat ini TikTok sudah menjadi platform media sosial sekaligus social commerce terbesar di dunia. Jadi, para pengembang TikTok berusaha memaksimalkan layanan berbelanja untuk penggunanya. Baca informasi selengkapnya di artikel ini!

Apa Itu Retur Barang?

Retur adalah proses pengembalian barang dari pembeli ke penjual karena pembeli merasa barangnya tidak sesuai ekspektasi. Jika melakukan retur, maka kamu bisa mendapatkan pengembalian dana atau pengiriman ulang barang sesuai ekspektasi.

Pihak yang akan menanggung biaya pengembalian barang adalah pihak yang bersalah. Misalnya, pihak yang bersalah adalah penjual, maka penjual yang akan membayar biaya pengembalian barang. Selain penjual, penyedia layanan logistik juga bisa menjadi pihak yang bersalah.

Syarat Retur Barang di TikTok Shop

Selain mengetahui cara retur barang di TikTok Shop, kamu juga perlu tahu apa saja syarat retur barang. Berikut penjelasannya:

1. Barang di TikTok Shop

Kejujuran pembeli sangat penting saat ingin memproses retur atau pengembalian barang. Barang yang akan dikembalikan wajib merupakan barang yang dibeli dari TikTok Shop. 

Selain itu, masalah atau alasan mengenai barang juga harus jelas. Misalnya barang tidak lengkap, rusak, salah warna, dan lain sebagainya. 

Biasanya, pihak TikTok akan meminta bukti berupa video unboxing dari pembeli. Jadi, pastikan kamu selalu melakukan video unboxing saat membeli apapun secara online di TikTok Shop maupun marketplace lain.

2. Enam Hari Setelah Pesanan Dikirim

Retur atau pengembalian barang adalah salah satu bagian dari layanan permintaan purna jual dari TikTok Shop. Tentu saja, setiap marketplace juga punya persyaratannya masing-masing.

Kamu bisa melakukan pengembalian barang hanya dalam waktu enam hari setelah pesanan menjadi “Terkirim”. Jika melewati batas waktu tersebut, maka kamu tidak bisa mengajukan pengembalian barang atau dana.

Oleh sebab itu, kamu wajib langsung mengecek pesanan setelah sampai. Apabila ada masalah, langsung koordinasikan dengan penjual untuk melakukan retur sebelum waktu purna jual habis.

3. Alasan Masuk Akal

Saat ingin retur barang, kamu harus punya alasan yang masuk akal. Pasalnya, salah satu cara retur barang di TikTok Shop adalah memasukkan alasan pengembalian barang. Beberapa alasan pengembalian barang yang diterima oleh pihak TikTok yaitu:

  1. Tidak sesuai deskripsi yang ada di TikTok Shop.
  2. Barang rusak saat diterima oleh pembeli.
  3. Barang palsu atau cacat.
  4. Berbeda dengan pesanan, misalnya kamu pesan barang warna putih tapi barang yang datang berwarna merah.
  5. Penjual yang tidak komitmen, misalnya mengirim barang random, kualitas tidak sesuai, dan lain-lain.

4. Penjual Menyetujui Retur

Beberapa pembeli mengembalikan barang karena alasan kurang masuk akal. Contohnya tiba-tiba pembeli kurang suka dengan barang yang dipesan. Padahal sebenarnya proses yang dilakukan penjual sudah sesuai prosedur.

Untuk meminimalisir kejadian tersebut, pihak TikTok memberikan hak pada penjual untuk menyetujui atau tidak menyetujui permintaan retur pembeli. Jika menurut penjual sudah sesuai prosedur, maka penjual bisa menolak permintaan retur.

Oleh sebab itu, pembeli harus menunggu penjual menyetujui retur untuk melakukan pengembalian barang. Pembeli bisa melakukan banding apabila penjual tidak menyetujui retur. 

5. Metode Pengembalian Dana

Cara mengajukan retur atau pengembalian barang di TikTok bisa disertai dengan pengembalian dana. Ketika kamu tidak ingin mendapatkan barang baru, kamu bisa mengajukan pengembalian dana untuk mendapatkan uang kembali.

Saat proses refund, kamu harus menyediakan nomor rekening aktif. Selain nomor rekening, kamu juga bisa refund dana pesanan ke e-wallet seperti OVO, DANA, GoPay, dan lain sebagainya.

6. Komunikatif dengan Penjual

Salah satu kunci agar retur barang bisa sukses dan lancar yaitu komunikasi dengan penjual. Sebelum mengajukan retur barang, sebaiknya kamu menghubungi penjual terlebih dahulu.

Biasanya, penjual akan memberikan solusi terbaik untuk masalah pesanan. Jika komunikasi dengan penjual berlangsung baik, maka kamu sebagai pembeli dan penjual tidak akan ada yang merasa dirugikan. Penjual yang baik umumnya akan membantu proses retur jika pembeli belum memahaminya.

Cara Retur Barang di TikTok Shop

Berikut ini adalah cara retur barang di TikTok Shop yang bisa kamu ikuti:

  1. Masuk ke akun TikTok milik kamu.
  2. Pilih menu “Profil”.
  3. Tekan ikon tiga garis yang ada di kanan atas akun TikTok.
  4. Lanjutkan dengan memilih opsi “Pengaturan dan privasi”.
  1. Kamu akan melihat beberapa pilihan opsi, lalu klik “Pesanan”.
  1. Lihat semua barang pesanan, lalu pilih pesanan mana yang akan dikembalikan.
  2. Klik kanan pada pesanan, lalu pilih “Request Refund”.
  3. Kamu akan mendapatkan alamat pengiriman dari penjual.
  4. Serahkan barang yang akan dikembalikan pada kurir.

Sebelum barang dikirimkan pada penjual, kamu harus menunggu penjual menerima pengajuan retur. Barang tidak bisa dikirimkan apabila penjual tidak menyetujui pengembalian. 

Cara Retur Barang di TikTok dan Pengembalian Dana

Selain mengetahui cara retur barang di TikTok, kamu juga perlu mengetahui cara mengajukan pengembalian barang dan dana. Jadi, kamu nantinya tidak akan mendapatkan barang kembali, tapi mendapatkan dana. Berikut langkah-langkah pengembalian dana di TikTok Shop:

  1. Langsung masuk ke akun TikTok di smartphone kamu.
  2. Pilih menu “Shop”.
  3. Selanjutnya pilih opsi “Pesanan”.
  4. Klik pada bagian “Ulasan”, lalu pilih “Terkirim”.
  5. Scroll pesanan yang akan dikembalikan. 
  6. Pilih opsi “Pengembalian barang dan pengembalian uang”.
  1. Tentukan metode pengembalian barang.
  2. Masukkan alasan masuk akal kamu ingin mengembalikan barang.
  1. Masukkan jumlah barang.
  2. Tekan “Lanjutkan”, lalu pilih “Pengembalian Uang”.
  3. Isi pesan pengembalian barang dan unggah bukti unboxing.
  1. Jika retur disetujui penjual, maka kamu akan mendapatkan informasi mengenai instruksi dan jadwal pengembalian barang.

Cara Banding Jika Retur Tidak Disetujui Penjual

Bagaimana jika penjual tidak menyetujui retur? Tenang saja, kamu bisa mengajukan banding. Pihak TikTok akan menjadi penengah untuk mengatasi solusi antara pembeli dan penjual. Berikut ini cara mengajukan banding yang bisa kamu ikuti:

  1. Login aplikasi TikTok, lalu pilih menu “Shop”.
  2. Pilih opsi “Pengembalian”, lalu “Lihat Rincian Pengembalian”.
  3. Baca detail informasi mengenai alasan penjual menolak retur.
  4. Pilih “Banding ke TikTok” untuk melakukan banding.
  5. Tulis secara rinci dan detail mengenai masalah barang. Jangan lupa unggah bukti foto dan video unboxing.
  6. Tekan “Kirimkan” untuk melanjutkan proses banding.
  7. TikTok membutuhkan waktu untuk meninjau proses banding oleh pembeli.
  8. Jika banding menang, maka akan muncul status “Menunggu Pengembalian”.
  9. Kamu akan mendapatkan nomor resi otomatis. Selanjutnya tulis nomor resi tersebut di paket.
  10. Antar paket ke jasa pengiriman. 
  11. Kamu tinggal menunggu barang sampai ke penjual, nanti pengembalian barang akan diproses.

Bagaimana Cara Retur Barang di TikTok Shop Mudah, Bukan?

Membeli barang secara online memang banyak risikonya. Adanya cara retur barang di TikTok Shop ini menjadi solusi ketika barang tidak sesuai ekspektasi. Jadi, kamu bisa berbelanja dengan nyaman di TikTok Shop tanpa takut barang tidak sesuai keinginan. 

Jika barang tidak sesuai, kamu tinggal mengajukan retur saja. Pihak TikTok yang berperan sebagai penengah akan bersikap adil terhadap masalah pesanan. Jangan ragu mengajukan banding saat penjual sulit diajak bekerja sama. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *