12 Cara Banjir Orderan di TikTok Shop dan Affiliate

12 Cara Banjir Orderan di TikTok

Media sosial, saat ini tidak hanya digunakan sebagai tempat berbagi informasi ataupun kehidupan sehari-hari saja. Namun, media sosial juga digunakan sebagai tempat bisnis dan berdagang yang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Ingin tahu cara banjir orderan di TikTok?

Ada banyak sekali upaya yang bisa dilakukan agar bisnis atau penjualan di TikTok meningkat. Sudah beratus-ratus orang atau bisnis memanfaatkan media sosial TikTok sebagai ladang usaha mereka. Hal ini tentu tidak bisa dicapai dalam satu dua hari.

Namun perlu ada konsistensi dan sejumlah langkah-langkah yang harus dilalui terlebih dahulu. Pun dalam hal ini, dibutuhkan pengelolaan yang baik. Mengingat setiap bisnis yang dikembangkan dalam media digital, perlu pemeliharan secara terjadwal.

Cara Banjir Orderan di TikTok

Adanya TikTok Shop memungkinkan seller dari seluruh penjuru dunia bisa memasarkan produknya, berinteraksi, dan berkolaborasi antara satu sama lain. Untuk mendukung pemasaran itu, seller juga bisa memanfaatkan segala fitur-fitur yang telah disediakan. Berikut cara banjir orderan di TikTok.

1. Buat Konten Sekreatif Mungkin

Buat Konten Sekreatif Mungkin

Setiap seller tidak hanya membutuhkan produk untuk dijual, tetapi mereka juga harus menciptakan magnet untuk menarik ketertarikan calon konsumen. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan membuat konten sekreatif mungkin.

TikTok dengan segala fitur-fiturnya, bisa menjadi media bagi kamu untuk memasarkan produk dengan lebih menarik. Buatlah konten yang bisa mendatangkan banyak pengunjung di akunmu. Buat mereka penasaran akan produk yang sedang dipasarkan.

2. Maksimalkan Fitur-Fitur Konten TikTok

Maksimalkan Fitur-Fitur Konten TikTok

Agar bisa mewujudkan konten yang kreatif, maksimalkan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi tersebut. Sebab sebagian besar dari fitur-fitur yang ada, mampu menarik perhatian calon konsumen. Mulai dari penambahan musik, filter, sticker, voice changer, hingga live streaming.

3. Gunakan Hashtag

Gunakan Hashtag

Cara banjir orderan di TikTok lainnya bisa diwujudkan dengan menggunakan hashtag pada caption. Sebab hashtag mampu menampilkan konten-konten atau hasil pencarian yang relevan Ketika seseorang menuliskannya di kolom pencarian.

Sebelum menyertakan hashtag dalam kolom deskripsi atau caption, kamu bisa meriset terlebih dahulu kata kunci jualan yang biasa digunakan di TikTok. Seperti halnya hashtag apa yang relevan dengan produk dalam konten, hashtag apa yang sering dicari oleh orang-orang, dan lain sebagainya.

4. Gunakan Visual Menarik

Gunakan Visual Menarik

Untuk mewujudkan konten yang apik, gunakan visual semenarik mungkin. Manfaatkan barang apapun di sekitar untuk mendukung konten yang akan dibuat. Selain itu, visual yang menarik juga bisa diwujudkan dengan pengaturan tata letak kamera yang pas.

Terkadang, hal ini mungkin akan menjadi kendala yang besar bagi sebagian besar seller. Namun tenang saja, karena saat ini sudah banyak informasi yang bisa kamu dapatkan terkait bagaimana membidik video ataupun foto yang ciamik menggunakan kamera maupun ponsel.

5. Pahami dan Ikuti Tren

Pahami dan Ikuti Tren

Hal yang penting ketika bisnis kamu dipasarkan di media digital adalah memahami perkembangan tren dan mengikuti tren itu sendiri. Dengan begitu, konten-konten yang dibuat bisa relevan dan sesuai dengan euforia saat itu. Bahkan bisa saja nantinya konten tersebut For Your Page (FYP) di TikTok.

6. Gunakan Nominal Harga Unik

Gunakan Nominal Harga Unik

Peningkatan mutu dari sisi pemasaran pun juga harus tetap berjalan. Agar bisa banjir orderan di TikTok, kamu bisa menggunakan nominal harga unik seperti Rp17.999, IDR54 atau 76K. Mengingat penggunaan nominal harga unik bisa memberikan banyak manfaat untuk sebuah bisnis.

Mulai dari terlihat lebih murah, lebih ringkas, eye catching, membuat konsumen semakin penasaran, dan lain sebagainya. Strategi-strategi seperti inilah yang bisa diterapkan untuk mengundang ketertarikan konsumen.

7. Perbanyak Interaksi dengan Pengikut

Perbanyak Interaksi dengan Pengikut

Tidak berbeda jauh dengan pemasaran secara langsung, pemasaran melalui media digital juga memerlukan interaksi dengan pengikut. Baik itu melalui kolom komentar, live, hingga personal chat pada akun bisnis.

Peningkatan interaksi antara seller dan konsumen, bisa memberikan banyak keuntungan bagi perkembangan bisnis. Melalui hal tersebut, kamu juga bisa menilai karakteristik mereka. Seperti apa yang mereka sukai, apa yang mereka butuhkan, hingga barang seperti apa yang mereka incar.

8. Gunakan Fitur Iklan TikTok Ads

Sama seperti media sosial lainnya, TikTok juga menyediakan fitur ads untuk para seller. Melalui fitur itu, seller bisa mempromosikan produk yang mereka jual menggunakan visual masing-masing. Dengan begitu, iklan yang kamu pasang bisa sesuai dengan target market.

Namun untuk memasang iklan ini seller perlu mengeluarkan biaya minimal Rp30.000 untuk satu hari, Rp200.000 per harinya untuk setiap Ad Group, dan Rp500.000 untuk setiap campaign. Berikut cara untuk membuat TikTok ads.

  • Buka halaman TikTok for Business
  • Klik ‘get started
  • Login atau sign-up
  • Klik ‘campaign’ di dashboard TikTok ads
  • Klik ‘create and create new
Klik ‘create and create new’
  • Pilih tujuan kampanye
  • Pilih opsi anggaran total, iklan harian, no limit
  • Klik ‘continue
  • Atur penempatan iklan atau klik ‘auto placement
  • Masukkan URL, nama tampilan, kategori, dan gambar produk
  • Masukkan kata kunci dan target iklan
  • Pilih anggaran biaya iklan, durasi, dan sasaran
  • Tentukan format dan desain iklan

9. Jalin Kerja Sama dengan Influencer

Jalin Kerja Sama dengan Influencer

Untuk meningkatkan traffic, kunjungan konten, dan penjualan, jangan ragu untuk menjalin kerja sama dengan influencer. Mengingat, influencer memiliki kekuatan dalam hal merekomendasikan produk. Terlebih jika produk-produk yang mereka promosikan juga mereka gunakan.

Maka sudah bisa dipastikan sebagian besar dari pengikutnya akan membeli produk tersebut. Selain itu, pilih influencer yang memiliki niche serupa dengan kategori produk yang dijual. Dengan begitu, produk yang ditawarkan oleh influencer terkait akan relevan dengan penonton.

10. Atur Jadwal Posting

Atur Jadwal Posting

Tidak semua pengguna media sosial terus berselancar selama 24 jam dalam media sosial tertentu. Namun mereka memiliki jam-jam tertentu untuk membuka aplikasi media sosial tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengatur jadwal posting agar bisa dilihat oleh banyak konsumen.

Apabila pengikut akunmu masih di bawah 100, mungkin hal ini bakal sedikit susah. Namun dari engagement, traffic, dan kunjungan akun, jam-jam kedatangan pengguna TikTok masih bisa dibaca. Diperlukan konsistensi dan kecermatan untuk bisa menetapkan jadwal posting ini.

11. Sediakan Banyak Pilihan Metode Pembayaran

Sediakan Banyak Pilihan Metode Pembayaran

Komponen terpenting lainnya agar bisnismu bisa kebanjiran orderan adalah dengan menyediakan banyak metode pembayaran. Sebab beberapa konsumen memiliki metode pembayaran yang berbeda. Jadi, akan lebih baik jika seller menyediakan banyak pilihan metode pembayaran.

Mulai dari mobile banking, ATM, agen mitra seperti Alfamart, Alfa Express, Alfamidi, dan Indomaret, hingga dompet digital seperti OVO, DANA, GoPay, Shoppe Pay, dan lain sebagainya. Dengan begitu, konsumen bisa menyesuaikan pembayaran dengan metode pembayaran yang mereka punya.

12. Jadwalkan Waktu Promo

Jadwalkan Waktu Promo

Cara banjir orderan di TikTok lainnya juga bisa diwujudkan dengan mengadakan promo dan menjadwalkannya. Mengingat promo atau potongan harga adalah hal-hal yang disukai oleh banyak customer.

Untuk hal ini, kamu bisa menyelenggarakannya pada tanggal-tanggal tertentu seperti hari-hari besar atau disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Ketika mengadakan promo ini, pastikan bahwa kamu menyebarkannya seluas mungkin agar promo yang dibuat tidak sia-sia. 

Punya bisnis di TikTok, tapi bingung bagaimana agar banjir orderan? Tenang saja, sebab ada banyak cara banjir orderan di TikTok yang bisa kamu lakukan. Mulai dari membuat konten kreatif, memaksimalkan fitur-fitur yang ada, memperbanyak interaksi, hingga menjadwalkan waktu promo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *